Arifin Diterbitkan 7 July 2022

Menilik Filateli

Berkomunikasi melalui surat-menyurat boleh dibilang sekarang ini sudah langka, seiring dengan berkembangnya teknologi informasi. Jika dahulu surat-menyurat dapat menjadi wahana komunikasi. Beberapa buku dari tokoh sejarah, hulunya adalah dari tradisi berkirim surat. Adapun generasi 90-an bisa jadi masih mengalami berkomunikasi melalui surat-menyurat dengan menjadi sahabat pena.

Surat-menyurat, maka teringatlah dengan filateli. Filateli dapat diartikan sebagai koleksi dan penyelidikan tentang prangko dan meterai. Filateli juga dapat didefinisikan sebagai pengumpulan prangko.

Prangko merupakan tanda pembayaran biaya pos (biasanya berupa kertas persegi bergambar). Di Indonesia, seperti dilansir Tempo, setiap tahun ada 10-14 kali penerbitan prangko. Setiap seri jumlah cetaknya akan berbeda-beda dan tergantung kebutuhan pemrangkoan (berkirim surat).

Ada sejumlah prangko edisi khusus yang dicetak. Pada tahun 2022 di Indonesia, misalnya, meluncurkan prangko edisi khusus Imlek, letusan Gunung Semeru, dan MotoGP Mandalika. Prangko edisi khusus tersebut tentu menjadi buruan para filatelis. Selain sebagai koleksi, prangko edisi khusus tersebut dapat menjadi investasi, dikarenakan berbilang tahun kemudian harganya kemungkinan akan naik.

Para filatelis sendiri dapat mengumpulkan prangko berdasarkan tema tertentu. Contohnya tema sejarah, flora, fauna, kendaraan, astronomi, karakter-karakter dalam kartun Walt Disney, serial Harry Potter, dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan prangko-prangko tersebut, sejumlah cara dapat ditempuh para filatelis, di antaranya dengan bertukar prangko, membelinya, mengikuti lelang

Pameran dan Kejuaraan Internasional Filateli

Jakarta akan menjadi tuan rumah Pameran dan Kejuaraan Internasional Filateli pada 2 – 10 Agustus 2022. Ajang akbar ini akan dihadiri delegasi dari 65 negara. Diselenggarakan oleh PT Pos Indonesia dan  Perkumpulan Filatelis Indonesia  (PFI) di Jakarta International Expo atau JIExpo Kemayoran. Kegiatan internasional ini juga diisi dengan lomba yang akan diikuti para pelajar SMP dan SMA. Hobi filateli dapat menambah pengetahuan, mengasah ketelitian, menyegarkan pikiran, meluaskan interaksi, sehingga tercipta jalinan persahabatan baik secara nasional maupun internasional.