Arifin Diterbitkan 8 July 2022

Perpustakaan Jakarta Sudah Hadir #SedekatItu

Kabar gembira bagi pecinta literasi. Perpustakaan Jakarta dan Pusat Dokumen Sastra (PDS) Hans Bague (HB) Jassin di kawasan Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki (PKJ TIM), resmi dibuka.

Semangat dari dibangunnya perpustakaan ini adalah membangun komunitas, menjadi ruang ketiga untuk mendapatkan pengetahuan dan hikmah, serta menumbuhkan minat baca, tempat berkarya, belajar dan berinteraksi dengan sesama.

Perpustakaan Jakarta memiliki 138.000 koleksi dan 4.395 koleksi di PDS HB Jassin. Perpustakaan Jakarta berisi koleksi buku-buku umum, buku-buku anak, hingga koleksi kejakartaan yang relevan dan sesuai kebutuhan masyarakat.

Sementara itu, koleksi di PDS HB Jassin berfokus pada pendokumentasian karya sastra, termasuk dokumen tulisan tangan sastrawan-sastrawan besar, seperti Chairil Anwar, WS Rendra, dan lain-lain.

Perpustakaan Jakarta dan PDS HB Jassin juga dilengkapi sejumlah ruang baru, antara lain ruang multifungsi, ruang permainan anak, bilik cerita, ruang baca privat, ruang podcast, ruang komputer, dan ruang koleksi kejakartaan.

Sebagai informasi Perpustakaan Jakarta hadir mulai 8 Juli 2022 dengan jam operasional pukul 09.00 – 17.00 WIB. Jadwalkan kunjunganmu melalui laman perpustakaan.jakarta.go.id. Kuota terbuka untuk 300 Kawan Perpus per sesi.

Selayang pandang informasi lainnya yakni mengenai fasad Gedung Panjang Perpustakaan Jakarta yang mirip not balok lagu. Bagian jendela Gedung Panjang lantai 9-14 memang sengaja dirancang menyerupai dengan not balok lagu “Rayuan Pulau Kelapa”.