Arifin Diterbitkan 13 July 2022

Selektif Memilih Daycare

Daycare adalah tempat penitipan anak bagi mereka yang tidak punya anggota keluarga atau asisten rumah tangga (ART) di rumah yang bisa menjaga si kecil ketika kedua orang tuanya bekerja.

Orang tua harus selektif memilih daycare(tempat penitipan dan pengasuhan anak) dengan mengedepankan aspek edukasi, lingkungan maupun keamanan. Perhatikan betul daycare tersebut ramah anak dan menjunjung tinggi atau mengedepankan kepentingan terbaik bagi anak.

Orang tua baiknya memilih daycareyang lingkungannya aman, artinya tidak banyak asap, bukan di lingkungan yang kotor dan licin, memiliki pengasuh yang profesional dan pemimpin tempat pengasuhan anak yang paham tujuan mendirikan daycare tersebut.

Orang tua sebelum memilih daycare, dapat memeriksa langsung tempatnya. Orang tua harus terjun, harus lihat sendiri daycare yang dipilih.

Perlu diketahui terdapat beberapa manfaat daycarebagi perkembangan anak, salah satunya merangsang perkembangan sosial. Dikarenakan peniruan, social learning-nya berjalan, belajar secara sosial. Itu kadang lebih efektif dari belajar dengan ayah ibunya. Contohnya ketika melihat teman-temannya duduk manis makan, maka ia pun mengikuti.

Agar perkembangan anak terasah, kegiatan yang bisa dilakukan di daycareadalah diajarkan permainan kreatif dan edukatif seperti bercerita, mendongeng atau bernyanyi. Selain itu juga perlu diajarkan dari segi psikoseksual agar anak bisa melindungi organ tubuhnya sendiri dari orang asing.

Mengasah perkembangan emosional juga perlu diajarkan di daycare agar anak tidak mudah meledak-ledak ketika marah dan bisa mengontrol emosinya.

Untuk mencapai hal tersebut, maka daycareyang baik seyogianya memiliki pengasuh yang bersertifikat agar kenal dengan teori mengajar anak usia dini.

Sumber: Antara