Arifin Diterbitkan 14 July 2022

Ragam Bangunan Pelindung Pantai 

Beranjangsana ke pantai, mungkin Anda kepo dengan sejumlah bangunan pelindung pantai, mulai dari namanya, konstruksinya, serta fungsinya.

Bangunan pelindung pantai berguna untuk melindungi pantai dari kerusakan karena terjangan gelombang dan arus. Berikut sejumlah bangunan pelindung pantai seperti diwartakan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia:

Sea Wall

Sea Wall adalah konstruksi yang dibangun di pantai dan sejajar dengan garis pantai. Berfungsi untuk memperkuat tepi pantai dari risiko pengikisan pantai akibat diterjang gelombang.

Jetty

Bangunan tegak lurus pantai yang diletakkan pada kedua sisi muara sungai. Berfungsi untuk mengurangi pendangkalan alur oleh sedimen pantai.

Breakwater

Bangunan yang dibuat sejajar pantai dan berada pada jarak tertentu dari garis pantai. Berfungsi untuk melindungi pantai dan perairan di belakang breakwater dari terjangan gelombang.

Groin

Bangunan pelindung pantai yang biasanya dibuat tegak lurus garis pantai. Berfungsi untuk menahan masuknya transport sedimen sepanjang pantai ke pelabuhan atau muara sungai.