Ketika melakukan pembuatan dokumen kependudukan pasti akan menemukan kolom untuk mengisi golongan darah. Kolom untuk mengisi jenis golongan darah tersebut memang tidak diwajibkan untuk diisi apabila pemohon tidak mengetahui jenis golongan darahnya.

Yang jelas, semua kolom yang muncul pada identitas diri memiliki fungsinya masing-masing, bukan sekadar dipajang.

Mengapa ada golongan darah di kartu identitas atau Kartu Tanda Penduduk (KTP)? Menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, hal itu untuk mengetahui jenis golongan darah masyarakat apabila sewaktu-waktu membutuhkan transplantasi darah dengan kondisi darurat.

Maka jika telah tercantum golongan darah yang bersangkutan di KTP, maka mempermudah dalam menemukan pendonor jika mengalami kejadian darurat.

Data golongan darah di KTP juga merupakan data yang terintegrasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI). Kini Anda telah tahu faedah memasukkan jenis golongan darah di KTP. Jika Anda sebagai penduduk Indonesia belum memasukkan golongan darah di KTP, maka bisa melakukan pencantuman hal tersebut di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) setempat.