Arifin Diterbitkan 20 July 2022

Tips Mengatur “Cash Flow”

Bagaimanakah cara mengatur cash flow yang baik? Salah satunya adalah dengan mendahulukan menabung saat menerima pemasukan. Untuk patokan angka, berapapun dana yang masuk, 10 persen sudah kita masukkan ke tabungan.

Perlu diketahui terkait pengelolaan keuangan sebenarnya merupakan bagian dari pengelolaan diri sendiri. Sejauh mana kita memiliki self control pada diri. Lazimnya jika memiliki self control yang bagus, maka control management keuangannya juga bagus.

Manajemen keuangan dapat dilihat misalnya dalam hal menabung dan kebutuhan bulanan. Menabung terlebih dulu adalah hal penting yang harus dilakukan. Sebab jika sudah menabung, kebutuhan bulanan pun secara otomatis akan mengikuti sisa keuangan yang dimiliki oleh masing-masing individu.

Mengapa harus ada yang ditabung terlebih dulu? Karena manusia pada dasarnya akan survive dengan berapapun yang mereka miliki. Akan cukup. Jadi kalau shopping dulu baru menabung, itu terbalik. Memang harus save first, spend later.

Lalu bagaimana dengan cicilan? Jika memiliki cicilan, disarankan agar tidak memiliki tagihan lebih dari 30 persen dari jumlah pendapatan masing-masing. Sebab jika lebih dari itu, maka dana untuk memenuhi kebutuhan lain pun akan terganggu.

Sumber: Antara