Arifin Diterbitkan 21 July 2022

Tips Melancong Bersama Anak

Melancong dapat membuat hubungan antar anak dan orang tua menjadi lebih harmonis dan dekat. Selain untuk mempererat hubungan, bepergian bareng anak juga dapat dimanfaatkan sebagai waktu beristirahat dari padatnya pekerjaan.

Tentu sebagai orang tua lazim muncul kekhawatiran jika anak rewel dan tidak betah saat di perjalanan.

Lalu bagaimanakah tips untuk melancong bersama anak? Sekelumit tips ini mungkin dapat membantu Anda untuk melancong asyik bersama anak.

Mempersiapkan kebutuhan buah hati

Sebelum pergi melancong, Anda harus mempersiapkan beberapa kebutuhan anak secara lengkap meliputi baju, camilan, popok, obat-obatan, dan lainnya. Perlu diketahui, obat-obatan anak merupakan hal yang paling wajib untuk dibawa ketika bepergian. Jangan lupa membawa mainan kesukaan anak supaya mereka tidak bosan selama di perjalanan. Untuk mainan, biasanya saya dan istri berdiskusi dengan anak, mainan apa yang mau dibawa dalam perjalanan kali ini. Risiko hilang serta penempatan mainan di tas/koper misalnya menjadi pertimbangan.

Mencari tujuan wisata ramah anak

Sebelum menentukan destinasi wisata, sebaiknya Anda berdiskusi dengan anak agar destinasi wisata yang ingin dikunjungi sesuai juga dengan yang mereka inginkan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko anak rewel hingga ribut minta pulang. Cari destinasi wisata yang menarik dan ramah untuk anak, misalnya kebun binatang.

Untuk hal ini, saya dan istri biasanya memperhitungkan variabel perjalanan menuju tempat wisata, serta di tempat wisata tersebut. Maka riset awal merupakan langkah mitigasi dan antisipasi.

Memilih penginapan ramah anak

Selain tempat wisata, Anda juga harus mencari hotel yang ramah anak agar mereka betah untuk tinggal di hotel tersebut. Salah satu caranya, cari fasilitas hotel yang menawarkan playground.

Anda misalnya bisa memilih hotel yang mesra dengan alam. Maka anak pun mendapatkan pembelajaran langsung untuk mencintai lingkungan.

Untuk penginapan, Anda juga dapat memperhitungkan mengenai akses terhadap makanan dan minuman untuk anak. Baik dari jarak maupun jenis makanan yang disukai anak, hendaknya terjangkau.

Memilih tempat makan sesuai kebutuhan anak

Sebelum makan di restoran, ada baiknya Anda mencari tahu menu yang ditawarkan restoran tersebut. Anda dapat melihat menu di restoran tertentu melalui aplikasi daring ataupun mengunjungi Instagram resmi restoran. Lihat apakah menu yang dimiliki restoran tersebut sesuai dengan minat dari anak Anda. Anda juga dapat mengajak anak untuk ikut memilih menu dan restoran yang diinginkan.

Selain itu tempat makan yang sesuai dengan preferensi anak. Seperti ketika kami sedang berkunjung ke Bandung, istri saya memilih tempat makan yang banyak patungnya, dikarenakan hobi dari anak kami untuk melihat patung serta membuat cerita dari hal tersebut.

Memperhatikan protokol kesehatan

Walaupun sudah ada pelonggaran Covid-19, bukan berarti Anda bebas membawa anak ke mana pun. Anda tetap harus memperhatikan protokol kesehatan mulai dari memakai masker hingga membawa hand sanitizer, tisu basah, dan tisu kering.