Arfianingrum Pujiastuti Diterbitkan 26 July 2022

Ayo Mencoba Ragam Transportasi Bersama Anak

Akhir pekan merupakan kesempatan untuk mencoba berbagai moda transportasi bersama anak. Tentu Anda mengingat lirik lagu “Naik Delman” berikut:

Pada hari Minggu, ku turut Ayah ke kota

Naik delman istimewa, ku duduk di muka

Mungkin Anda mempertimbangkan untuk mencoba ragam moda transportasi tersebut di hari Senin-Jumat (weekdays). Pertimbangannya adalah moda transportasi lebih leluasa di jam-jam tertentu (tentu saja bukan di jam berangkat kantor dan jam pulang kantor).

Dari pengamatan, memang pada akhir pekan banyak juga orang tua yang mengajak anaknya untuk mencoba berbagai moda transportasi. Baik itu sebagai jalan-jalan, rekreasi, berkunjung ke rumah saudara, dan lain-lain. Maka kereta api misalnya, demografi penumpangnya di akhir pekan terlihat berbeda (banyak penumpangnya dari orang tua beserta anak-anaknya).

Jika ingin berangkat pada weekdays, Anda dapat mengambil jatah cuti, serta cus bersama anak Anda. Tentu jika anak Anda belum bersekolah lebih leluasa untuk berangkat kapan saja.

Anda bisa mencoba untuk naik MRT (Mass Rapid Transit) bersama anak. Sebagai informasi, jika tinggi anak Anda masih di bawah 90 cm, maka masih belum dikenakan biaya. Seluruh stasiun MRT terdapat ruang laktasi, maka buah hati pun dapat leluasa untuk menyusui ataupun mengganti popok. Lalu, di kereta terdapat kursi prioritas untuk anak yang membawa anak kecil.

Memperkenalkan ragam transportasi bagi anak, merupakan pembelajaran langsung. Anak dapat membandingkan misalnya mengenai banyaknya gerbong di MRT, LRT (Light Rail Transit), KRL (Kereta Rel Listrik). Pun begitu dengan banyaknya jumlah penumpang, maupun kecepatan dari moda transportasi tersebut yang dapat diperbandingkan.

Anak juga dapat belajar bersosialisasi, di antaranya bertemu dengan orang lain serta bersikap di sarana transportasi umum. Ia dapat belajar mengenai berbagai hal, seperti dari tiket, antre, serta patuh terhadap peraturan yang ada di sarana transportasi tersebut.