Berkunjung ke Balai Kota DKI Jakarta, Anda dapat mempelajari selayang pandang mengenai budaya Jakarta. Hal tersebut di antaranya tertera pada sejumlah kaca yang berada tak jauh dari masjid di Balai Kota yang terletak di bilangan Jalan Medan Merdeka Selatan tersebut.

Tradisi Ritual Palang Pintu

Upacara adat Betawi yang biasanya dilaksanakan untuk pernikahan adat Betawi. Kaedah yang terkandung dari upacara ini adalah: penganten laki-laki dituntut bisa maen silat agar dapat melindungi calon istrinya dari orang-orang yang ingin berbuat jahat. Atraksi ini juga bersifat untuk mempererat tali persaudaraan antara keluarga mempelai pria maupun wanita.

Tari Topeng

Tarian adat masyarakat betawi di Jakarta, yang menggunakan topeng sebagai ciri khasnya. Tema yang dibawakan dalam tarian ini tergolong variatif di antaranya adalah kehidupan masyarakat, cerita legenda, kritik sosial, dan cerita klasik lainnya.

Tari Cokek

Merupakan tarian yang berasal dari budaya Betawi tempo dulu. Tari Cokek ini merupakan perpaduan antara unsur tari tradisional Tiongkok, Sunda, Betawi dan juga pencak silat. Tarian ini digunakan masyarakat Betawi untuk memeriahkan pesta adat mereka.

Seni Musik Tanjidor

Musik tradisional khas masyarakat Betawi yang sering dimainkan secara berkelompok. Alat musik ini banyak dipengaruhi oleh musik dari Eropa yang dibawa oleh para penjajah pada masa Hindia Belanda.

Orkes Gambang Kromong

Kesenian musik tradisional dari Betawi dengan memadukan alat musik Gamelan dan alat musik dari Tionghoa. Kesenian musik tradisional ini merupakan hasil akulturasi budaya antara budaya Tionghoa dan Betawi. Alat-alat musik yang dipadukan adalah gamelan dan sukong, tehyan, dan kongahyan.

Teater Lenong

Kesenian teater tradisional atau sandiwara rakyat Betawi yang dibawakan dalam dialek Betawi yang berasal dari Jakarta.