Arifin Diterbitkan 3 August 2022

Tips Menjaga Kebersihan Rumah

Rumah merupakan tempat dimana kita menghabiskan sebagian besar waktu, baik untuk beristirahat maupun melakukan waktu berkualitas dengan orang-orang tersayang.

Namun tingkat kenyamanan hunian tidak dapat diukur dari desain eksterior maupun interior saja, kebersihan juga harus menjadi prioritas utama dalam menciptakan tempat tinggal yang ideal untuk keluarga.

Berbagai kebiasaan berikut dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan rumah:

Merapikan tempat tidur di pagi hari

Sebagai tempat kita beristirahat atau bersantai di waktu senggang, kamar tidur merupakan salah satu tempat paling penting dalam sebuah rumah.

Sayangnya, kebiasaan merapikan dan membersihkan kamar tidur setelah bangun tidur di pagi hari masih sering kita anggap sepele. Padahal, menciptakan suasana kamar yang nyaman dan bersih pun memiliki beragam manfaat, seperti membuat pikiran menjadi lebih tenang, menjaga kesehatan, terhindar dari alergi, dan tentunya membuat tidur lebih optimal.

Langsung membersihkan diri setelah sampai di rumah

Dengan semakin meningkatnya aktivitas tatap muka, masyarakat pun semakin sering bepergian dan menghabiskan waktu di luar rumah, baik untuk bekerja, sekolah, maupun hangout bersama teman-teman.
Tentunya beraktivitas di luar rumah juga meningkatkan risiko kita terpapar berbagai bakteri, virus, dan debu. Maka itu, sangat penting bagi kita untuk segera membersihkan diri ketika sampai di rumah setelah bepergian demi kesehatan diri sendiri dan keluarga.

Meluangkan satu hari khusus untuk membersihkan rumah secara menyeluruh

Meskipun sudah teratur membersihkan rumah, tentunya tetap ada bagian atau area yang sulit Anda jangkau sehingga tidak memungkinkan untuk dibersihkan setiap hari seperti jendela, langit-langit, bagian atas lemari, dan masih banyak lagi.

Meski harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk membersihkan tempat-tempat itu, jangan tunda atau lupa melakukannya. Sebaiknya setiap dua minggu sekali Anda meluangkan waktu untuk membersihkan area yang sulit untuk dijangkau agar debu dan bakteri tidak menumpuk.

Sumber: Antara