Arifin Diterbitkan 15 August 2022

Mengapa Anda Menonton Paling Awal?

Apakah Anda termasuk orang yang gemar untuk menonton paling awal? Baik itu trailer, video klip, film, serial. Hal tersebut bisa dilihat dalam berbagai aspek. Di antaranya fear of missing out (FOMO). Anda tidak ingin tertinggal secara wave, serta memiliki pengetahuan lebih awal dibandingkan yang lain.

Menonton lebih awal juga merupakan upaya agar tidak terkena spoiler. Dengan perkembangan teknologi dan media sosial, aduhai spoiler dapat merembes kemana-mana. Contohnya pada film Ada Apa Dengan Cinta? 2, di Twitter misalnya beredar titik-titik poin karakter dan peristiwa yang ada. Tentu jika Anda mendapatkan spoiler itu, maka hilanglah rasa misteri dan kepo ketika melihatnya di bioskop. Hal tersebut ibarat melihat tayangan sepak bola, namun Anda telah tahu hasilnya. Ada sensasi greget, misteri yang menghilang.

Menonton paling awal juga dapat menghindarkan bias dari persepsi orang. Contohnya Anda berniat untuk menonton suatu film di bioskop. Lalu Anda mendengar kata-kata dari sahabat Anda mengenai film tersebut. Maka teramat mungkin itu memengaruhi Anda. Padahal bisa jadi beda orang, beda selera. Apa yang dikatakan sahabat Anda, bisa jadi berbeda ketika Anda menontonnya langsung.

Menonton paling awal juga dapat menempatkan Anda pada posisi memengaruhi. Entah Anda membuat story di Instagram dengan selayang pandang kesan terhadap film, entah Anda membuat ulasan filmnya, dan sebagainya.

Menonton paling awal juga membuka kesempatan bagi Anda untuk menonton di kesempatan berikutnya. Jika Anda menonton di sesi ketika film telah bersiap turun dari bioskop, maka bisa jadi Anda hanya dapat sekali menonton film itu di layar lebar. Sedangkan jika Anda menonton paling awal, masih terbentang waktu untuk menonton di kesempatan lainnya, baik itu kali kedua, kali ketiga, dan sebagainya.