Carian
Mengajarkan Menunggu Kepada Anak
August 16, 2022 Arifin

Dalam kehidupan, menunggu adalah bagian yang senantiasa ada. Menunggu hasil ujian, menunggu makanan, menunggu di antrean, dan sebagainya. Maka salah satu pendidikan karakter yang dapat diajarkan yakni terkait antre – dimana salah satu bagiannya adalah menunggu.

Sejak dini, ajarkan anak untuk mengantre. Maka ia akan mengalami langsung dan mengambil manfaat dari antre. Dimana ada ragam makna yang terkandung, di antaranya bersabar menunggu, berhitung secara waktu, prinsip kesetaraan, dan lain sebagainya.

Dalam kehidupan nyata, antre ini akan terus berlaku. Baik itu mengantre di minimarket, ketika akan naik sarana transportasi publik, dan sebagainya.

Kaidah menunggu juga dapat diterapkan terkait makanan. Mengenalkan slow food, dimana untuk sampai menjadi makanan siap hidang memerlukan proses. Ajaklah anak untuk memasak bersama, maka anak akan mengalami pengalaman langsung, mulai dari berbelanja, memasak, menyiapkan makanan, hingga menjadi hidangan yang dapat dinikmati bersama. Anak pun akan secara smooth belajar mengenai gizi seimbang, menunggu makanan hingga siap santap, dan sebagainya.

Kaidah menunggu juga relevan dengan kian intensnya penggunaan teknologi. Jika anak sering menggunakan gadget, teramat mungkin anak cepat merasa bosan. Di samping itu fitur pada teknologi memungkinkan anak berselancar dengan mudahnya dan cepatnya. Salah satu parameter “bahaya teknologi” misalnya jika anak menghadapi kondisi tanpa internet, maka dapat rongsenglah dia.

Maka perlu kiranya untuk membatasi penggunaan teknologi pada anak. Di samping itu ajarkan anak berbagai hal yang memerlukan menunggu dalam kegiatannya. Anak sesungguhnya perlu untuk merasa bosan. Bosan merupakan bagian dari emosi yang perlu dikenali. Bosan pun dapat berbuah kreativitas pada anak.

Salah satu aktivitas yang dapat terkait menunggu adalah menanam tanaman. Anak dapat belajar untuk menyiramnya, memberi pupuk, serta menjaga tanaman agar tumbuh dengan baik. Kegiatan langsung yang melibatkan panca indra tersebut akan menautkan konsep menunggu kepada anak, bahwa ada proses, bersabar, merawat, dan sebagainya.

Komen