Carian
Beranjangsana Ke Tebet Eco Park Pada Akhir Pekan
August 22, 2022 Arifin

Sebagai upaya mesra terhadap alam, sejumlah langkah dilakukan. Di antaranya dengan memberlakukan Kawasan Rendah Emisi (KRE)/Low Emission Zone (LEZ) yang diberlakukan di sekitar area Tebet Eco Park setiap akhir pekan dan hari libur nasional.

Kawasan Rendah Emisi merupakan skema yang diberlakukan pada suatu kawasan untuk mengurangi emisi yang ditimbulkan dari kendaraan bermotor dengan membatasi mobilitasnya. Area ini hanya diperbolehkan bagi pejalan kaki, pesepeda, angkutan umum, dan kendaraan berstiker khusus yang beroperasi di dalam kawasan.

Oleh karena itu, Anda bisa #JalanKeTaman Tebet Eco Park menggunakan transportasi umum.
Bagi Anda yang membawa kendaraan, terdapat beberapa kantong parkir yang telah tersedia.

Pada akhir pekan ini, Minggu (21/8/2022), kami beranjangsana ke Tebet Eco Park. Untuk ke sana, kami mendaftar sebelumnya melalui aplikasi Jakarta Kini (JAKI). Dikarenakan terdapat limit pengunjung yang diperkenankan untuk berada di Tebet Eco Park pada setiap sesinya. Untuk waktu buka dibagi dalam dua sesi yakni:

Sesi 1 07.00-11.00 WIB

Sesi 2 13.00-17.00 WIB

Kami datang di kitaran jam 10-an, seperti tertera di layar monitor terdapat 1.771 slot telah terisi. Seperti diketahui  kapasitasnya yakni 5.000 pengunjung/sesi di hari Sabtu-Minggu.

Adapun pada kunjungan kali ini, dikarenakan kebijakan Kawasan Rendah Emisi tersebut, kami memilih opsi untuk menggunakan grab car hingga di SMPN 73 Jakarta (salah satu lokasi kantong parkir yang disediakan). Dari situ, kami berjalan kaki sekitar 500 meter menuju Tebet Eco Park.

Menurut hemat saya dengan adanya kuota pengunjung, Tebet Eco Park dapat lebih dinikmati karena tidak overload pengunjung. Sebelumnya antusiasme masyarakat terhadap taman di bilangan Jakarta Selatan ini boleh dibilang membludak, sehingga terjadi kepadatan pengunjung.

Di samping itu pada kunjungan kali ini pun, kami melihat bahwa terjadi sterilisasi terhadap pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di trotoar dan pinggir jalan. Sejumlah satpol PP pun terlihat berjaga, berpatroli di sekitaran kawasan taman.

Tebet Eco Park pun kini semakin nyaman dengan beberapa fasilitas baru yakni Water Playground, Barbeque Arena, dan Pet Park. Di Water Playground, ada nuansa damai, rileks ketika melihat kolam beserta ikannya. Fasilitas yang tentu menarik bagi Anda dan keluarga untuk sejenak rehat.

Komen