Pandemi Covid-19 membawa berbagai dampak. Salah satunya adalah kesadaran untuk membiasakan hidup sehat, dimana salah satu caranya dengan berolahraga. Olahraga bersepeda kian diminati kala pagebluk Covid-19. Bersepeda sendiri ataupun berkelompok menjadi gaya hidup yang semakin digandrungi.

Lalu, pernahkah Anda merasa kaki atau badan pegal-pegal bahkan sakit usai bersepeda? Bisa jadi, hal itu karena posisi tubuh yang kurang tepat selama bersepeda. Hal tersebut mungkin karena tidak melakukan pemanasan sebelum gowes ataupun posisi tubuh yang salah tapi dipaksakan.
Agar tubuh tetap dalam posisi yang baik selama bersepeda, disarankan untuk memastikan tinggi sadel sejajar dengan pinggul.

Ketika menduduki sadel dan kaki dapat menapak ke permukaan tanah dengan mudah, maka Anda perlu menaikkan sadel. Kemudian ketika proses mengayuh, pastikan lutut tidak terlalu tertekuk.
Jadi disarankan ketika sedang didudukin memang agak sedikit jinjit, tapi ketika gowes lututnya tidak terlalu tertekuk. Jika kaki terlalu menekuk pas lagi gowes, maka akan gampang pegal.

Selain memastikan tinggi sadel, Anda juga perlu menyesuaikan handlebar sepeda dengan tinggi badan Anda. Jika tubuh Anda tidak terlalu tinggi, maka disarankan untuk menggunakan medium handlebar atau high handlebar.

Ini agar posisi badannya tidak terlalu ke depan dan tidak membuat kemungkinan untuk cedera karena tertekuk.

Sumber: Brompton Bicycle, Antara