Carian
Di Balik Hal Sederhana Yang Jadi Perbincangan Publik 
January 12, 2023 Arifin

Entrepreneur yang juga YouTuber Arief Muhammad menggaungkan makan nasi Padang harus pakai tangan! Hal tersebut pada jauhari memang telah digelorakan oleh Arief, untuk kemudian menemukan kembali momentumnya kala Zee JKT48 “berkicau” di Twitter bahwa dirinya terbiasa makan nasi Padang memakai sendok.

Media sosial pun “terbelah” antara #TimPakeSendok dan #TimPakeTangan, Arief Muhammad mengambil langkah lebih lanjut dengan menantang Zee untuk lomba makan nasi Padang memakai tangan versus memakai sendok pada 16 Januari 2023 mendatang. Tantangan bakal dilakoni di rumah makan Padang Payakumbuah, bisnis kuliner milik Arief.

“Bersampul” keriuhan di media sosial mengenai kebiasaan makan sehari-hari yang sangat sederhana: makan nasi Padang memakai tangan atau sendok. Hal tersebut jika ditinjau dari sisi lainnya menunjukkan bahwa hal yang terlihat sederhana jika dikemas dengan marketing yang baik dapat membetot perhatian publik.

Berhulu dari hal yang terlihat sederhana juga dilakukan oleh Vincent, Desta kala mengemas berbagai pertandingan olahraga, baik itu tenis meja, bulu tangkis, tenis. Atensi pun didapatkan kala versus dalam pertandingan-pertandingan olahraga tersebut.

Tentu “dapur” di balik viralnya hal yang terlihat sederhana tersebut bekerja dengan baik untuk melakukan sosialisasi isu, diperbincangkan publik, menjaga ritme agar tetap diperbincangkan publik, dan sebagainya.

Untuk jadi perbincangan dan pemikiran publik tentu bukan perkara sepele, di saat membanjirnya informasi, serta aneka konten yang bertebaran. Dalam hal ini menurut hemat saya, siapa yang berbicara, magnet dari yang terlibat, pengemasan isu yang baik (dengan tagar yang sederhana, isu yang dapat membawa warganet dengan “sukarela” turut serta), desaian komunikasi visual yang baik (hal ini terlihat dari tutur visual berbagai event olahraga yang dihelat Vindes).

Berhulu dari hal sederhana, yang di “dapur” penggodokan isunya tidak sesederhana itu, melainkan melibatkan banyak aspek.

Komen