Arifin Diterbitkan 24 January 2023

Mari Cukupi Kebutuhan Protein Hewani Untuk Anak 

Protein hewani cenderung terlupakan dalam pemenuhan gizi anak karena anggapan protein dapat dicukupkan hanya dengan mengonsumsi tahu dan tempe.

Perlu diketahui, selain protein nabati, anak juga perlu mendapatkan protein hewani seperti ayam, ikan, daging, telur.

Protein membantu membentuk otot, menghasilkan hormon, memperkuat kulit dan tulang serta mengangkut nutrisi. Anak-anak usia empat hingga sembilan tahun membutuhkan 19 gram protein setiap hari. Sementara untuk mereka yang berusia antara sembilan dan 13 tahun membutuhkan 34 gram.

Lalu, tak hanya protein hewani, asupan lemak untuk anak juga sering dilupakan karena ada kekhawatiran anak akan gemuk. Padahal anak usia di bawah dua tahun masih membutuhkan lemak untuk perkembangan otak.

Orang tua perlu memastikan anak mendapatkan makro dan mikronutrien. Bukan hanya karbohidrat, protein, dan lemak, tetapi juga zat besi, zinc, vitamin D, dan lain-lain.

Semua nutrisi tersebut terdapat di dalam makanan. Ingatlah agar makanan divariasikan, karena tidak ada satu makanan yang paling super atau mengandung seluruh nutrisi yang dibutuhkan.

Ayah-bunda mari memastikan anak mendapatkan makanan yang bervariasi dengan menu lengkap, serta selalu memantau pertumbuhan anak.

Sumber: IDAI, Antara