Arifin Diterbitkan 24 January 2023

Belajar Memainkan Aneka Alat Musik 

Xylophone, apakah Anda pernah memainkannya? Alat musik tersebut hadir dalam berbagai kesempatan bagi saya pada beberapa hari terakhir ini. Seperti di Instagram, anak Ridwan Kamil, Arkanaidan yang sedang memainkan lagu Kapal Selam dengan Xylophone.

Suara unik Xylophone juga saya dapatkan kala mendengar kembali penampilan Banda Neira membawakan lagu Esok Pasti Jumpa kala tampil di Indonesia Morning Show di NET..

Jika Anda berkunjung ke playground  di One Satrio, Kuningan, salah satu alat musik yang tersedia adalah Xylophone. Anak-anak dapat memainkan Xylophone di situ, Anda pun dapat mencoba memainkannya.

Bermain alat musik, tentu memerlukan tips dan kiat tersendiri. Di antaranya bermain serunai harus mampu mengontrol napas. Bermain tehyan – cara menggesek, penempatan jari, serta feeling melodi harus diperhatikan.

Atau coba juga bermain kendang, bisa jadi awal-awal ketika memainkannya tangan Anda akan kesakitan, serta dibutuhkan waktu beberapa lama hingga terbiasa – baik secara ketukan serta kekuatan tangan.

Alat musik lainnya yang dapat Anda coba yakni angklung. Biasanya untuk perkenalan dan permulaan, Anda diminta untuk memainkan satu notasi nada tertentu. Lalu secara berkelompok, nantinya akan memainkan suatu lagu (Anda cukup fokus memainkan angklung di notasi nada yang Anda pegang).

Masih terkait belajar alat musik, di Museum Nasional Indonesia, pernah ada kesempatan bagi siapa pun untuk belajar dan bermain gamelan. Anda bisa mencoba memainkan salah satu instrumen gamelan dengan dibimbing oleh instruktur. Selain pengenalan nada, Anda akan diajak untuk memainkan sebuah lagu bersama-sama peserta lainnya. Namun, kini berdasarkan pantauan penulis, belajar dan bermain gamelan di Museum Nasional belum ada lagi.

Ada ragam alat musik, pun begitu dengan cara memainkannya. Tertarik mencoba bermain alat musik apakah Anda?