Arifin Diterbitkan 26 January 2023

Berapakah Takaran Minum Kopi Yang Aman Dalam Sehari?

Ngopi dulu ngopi, kalimat tersebut begitu familiar diucapkan. Budaya ngopi sendiri telah menjadi budaya tersendiri. Pun begitu minum kopi bisa menjadi salah satu rutinitas yang Anda lakukan.

Lalu berapakah takaran minum kopi yang aman dalam sehari? Dalam penelitian yang dilakukan Mayo Clinic menyebutkan, batas konsumsi kafein yang terbilang aman untuk sebagian besar orang dewasa adalah 400 miligram (mg). Jumlah tersebut kira-kira setara dengan 4 cangkir kopi atau 2 gelas minuman berenergi.

Sedangkan untuk anak-anak, ibu hamil, dan ibu menyusui tidak lebih dari 200 mg per hari, yang kira-kira setara dengan 2 cangkir kopi.

Lalu kapankah sebaiknya minum kopi? Kopi baiknya dikonsumsi saat produksi hormon kortisol rendah. Pukul 09.30 -11.30 menjadi waktu di mana kadar kortisol dalam tubuh menurun. Maka silakan menyeruput kopi di interval waktu tersebut.

Anda juga dapat minum kopi 30 menit sebelum olahraga. Hal ini dapat membantu meningkatkan energi.

Sedangkan waktu-waktu yang sebaiknya Anda tidak mengonsumsi kopi adalah pagi hari, biasanya hormon kortisol berada pada puncaknya. Hormon kortisol atau yang biasa disebut hormon stres ini berperan dalam meningkatkan kewaspadaan.

Biasanya, kadar kortisol naik pada pukul: 08.00-09.00. Kemudian, 12.00-13.00 dan terakhir 17.30-18.30.

Efek kafein dalam tubuh bisa bertahan hingga 6 jam lamanya. Untuk itu, disarankan agar berhenti mengonsumsi kopi di sore hari demi menjaga ritme sirkadian atau jam biologis terkait tidur. Baiknya tidak meminum kopi 4-6 jam sebelum tidur.

Perhatikan juga agar kopi atau minuman berkafein lainnya sebaiknya tidak dikonsumsi berdekatan dengan jam makan.

Sumber: Mayo Clinic, Indonesia Baik