Carian
Berani, Malam-Malam Di Museum? 
February 15, 2023 Arifin

Apa jadinya jika kita berkunjung pada malam hari di museum? Apakah koleksi-koleksi di museum itu akan hidup, berbincang seperti di film Night at the Museum?

Pada tahun 2023 ini pengalaman malam hari di museum disajikan oleh beberapa museum di Jakarta. Museum Mandiri telah menghelatnya pada 14 Januari 2023 seiring dengan 90 tahun berdirinya gedung Factorij Batavia atau yang sekarang lebih dikenal dengan Museum Mandiri. Terdapat beberapa kegiatan pada event bertajuk “Wisata Malam Museum Mandiri” tersebut, diantaranya walking tour, nonton rekonstruksi Kasir Cina, nonton film, rijsttafel, makan roti buaya dan bir pletok, live music, dan games berhadiah souvenir menarik.

Lalu pada 14 Februari 2023 diselenggarakan Jelajah Malam Museum dengan tema “Jejak Peristirahatan Terakhir Para Tokoh VOC & Hindia Belanda” yang bertempat di Museum Prasasti.

Masih terkait Jelajah Malam Museum, rencananya hal tersebut juga akan dilakukan di Museum Sejarah Jakarta, Museum Joang’45, serta Museum M.H.Thamrin.

Seberapa menarik berkunjung ke museum pada malam hari? Beberapa tahun yang lalu, saya pernah mengikuti tur museum di malam hari. Kala itu acaranya berlangsung Museum Mandiri.

Jika ditanya apa yang menarik, kala itu saya mencoba pengalaman langsung Rijsttafel di salah satu ruangan yang pada jam normal beroperasi museum, ruangan tersebut tertutup. Pengalaman melakoni Rijsttafel tentu berkesan, tak hanya secara sensasi kuliner, melainkan terdapat penjelasan sejarah dan sosial budaya dari pakarnya.

Mengunjungi museum di malam hari juga terasa berbeda, ada pengalaman tersendiri. Kala itu kami juga diajak untuk ke wilayah atap Museum Mandiri, titik tertinggi di bangunan tersebut. Hal yang sepanjang pengalaman saya tak dapat dikunjungi pada hari kunjungan biasa.

Komen