Arifin Diterbitkan 20 February 2023

Menikmati Bentang Alam Dengan Melintasi Jembatan 

Jembatan secara definisi merupakan jalan (dari bambu, kayu, beton, dan sebagainya) yang direntangkan di atas sungai (jurang, tepi pangkalan, dan sebagainya); titian besar. Jembatan, nyatanya tak hanya menghubungkan, melainkan dapat juga menjadi sarana menarik untuk menikmati keindahan alam.

Seperti jembatan kaca Seruni Point yang akan menjadi primadona ikon wisata baru di Gunung Bromo yang berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Jembatan kaca Seruni Point dibangun dengan filosofi mempertahankan keindahan Gunung Bromo sekaligus mempertahankan daya dukung alam lingkungan.

Spot wisata yang diyakini bakal menjadi primadona baru berupa jembatan yang membentang sepanjang 120 meter dan lebar 1,8 meter dengan ketinggian 80-100 meter itu akan semakin memanjakan wisatawan untuk menikmati keindahan alam Gunung Bromo.

Masih terkait jembatan dan bentang alam. Simak juga Rengganis Suspension Bridge. Jembatan gantung yang berada di Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Rengganis Suspension Bridge membentang sepanjang 370 meter, dengan ketinggian 75 meter. Tak ayal Rengganis Suspension Bridge merupakan jembatan gantung terpanjang se-Asia Tenggara.

Jembatan gantung sendiri merupakan infrastruktur yang menghubungkan dua titik, tanpa merusak bentang alam. Seperti dilansir Kompas, Rengganis Suspension Bridge membentang di atas hutan serta sungai yang berada di kaki Gunung Patuha. Lokasinya berada di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut. Karenanya, saat melintas di atas jembatan gantung tersebut, wisatawan akan disuguhi hamparan hijau hutan belantara serta kebun teh. 

Untuk lantai dasar jembatan menggunakan kayu ulin atau kayu besi yang didatangkan langsung dari Kalimantan. Jenis kayu ini terkenal sangat kuat, tetapi lentur. Jenis kayu ulin justru semakin kuat apabila terkena hujan dan panas. 

Bagaimana dengan keamanannya? Setiap pengunjung yang melintas akan dilengkapi dengan tali pengaman yang terikat dengan sling baja. Pihak pengelola juga membatasi kapasitas pengunjung yang melintas di atas jembatan adalah 70 orang.