Carian
Hanya Di Hari Tertentu, Dari Jumat Berkah Hingga ‘I Like Monday’ 
March 2, 2023 Arifin

Hari Jumat akan menjelang pada esok hari. Biasanya pada hari Jumat, dilekatkan dengan Jumat berkah. Di situ berbagai laku kebaikan dilakukan oleh banyak orang. Ada yang mendonasikan makanan ke masjid, sehingga jamaah salat Jumat dapat makan siang gratis. Di dekat lingkungan tempat tinggal saya, Jumat berkah dimaknai salah satu tempat makan, dengan menggratiskan teh manis dan menggratiskan es teh manis.

Masih terkait hari tertentu, terdapat promo pada hari tersebut. Seperti yang saya lihat pada tukang pangkas rambut yang memberikan diskon, sehingga cukup Rp20.000 jika menggunting rambut pada hari Rabu.

Melekatkan dengan hari tertentu juga ditempuh Hard Rock Cafe Jakarta. Hari Senin tak lagi menyebalkan. Begitu kira-kira yang ingin disampaikan pada pengunjungnya dengan menyelenggarakan ‘I Like Monday’. Pada masanya ‘I Like Monday’ merupakan acara musik yang menampilkan musikus papan atas Indonesia yang dihelat setiap Senin.

Masih terkait hari tertentu, kenali juga pasar mingguan. Pasar mingguan merupakan sebuah pasar yang biasanya hanya buka dalam seminggu satu kali. Pasar mingguan biasanya terdapat di pedesaan. Serta pasar mingguan juga menjual berbagai macam hewan ternak yang memang hanya dibuka pada hari-hari tertentu saja. Lalu jika menilik sejarah, sejumlah pasar di Jakarta diberi nama sesuai hari tertentu. Maka dikenallah Pasar Senen, Pasar Selasa, Pasar Rebo, Pasar Kamis, Pasar Jumat. Seperti dilansir Bobo, pasar-pasar ini hanya beroperasi pada hari-hari tertentu atau disebut juga hari pasaran semenjak ada kebijakan dari pemerintah Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) yang mengatur tentang hari pasaran yang dilakukan bergantian di setiap daerah.

Komen