Carian
Cara Menangani Ruam Pada Area Lipatan Leher Bayi 
March 8, 2023 Arifin

Ruam kemerahan yang sering timbul di area lipatan kulit bayi dikarenakan aliran keringat yang kurang baik. Keringat yang menumpuk di leher biasanya menyebabkan ruam kemerahan.

Penumpukan keringat di area lipatan kulit bayi akan menimbulkan risiko infeksi bakteri maupun infeksi jamur. Infeksi jamur memiliki ciri timbul kemerahan pada area lipatan yang berkeringat, gatal, berbau, hingga lecet karena sering digaruk.

Ruam pada lipatan leher dapat juga timbul akibat lipatan kulit yang saling bergesekan satu sama lain secara terus-menerus.

Umumnya, kondisi tersebut masih aman dan dapat diatasi sendiri di rumah. Sehingga orang tua tidak perlu cemas saat ruam muncul. Namun, jika bayi tampak sering gatal dan tidak nyaman, maka orang tua perlu mengevaluasi kondisi ini lebih lanjut serta jika perlu mengunjungi dokter kulit anak.

Untuk langkah perawatan, ruam kemerahan tersebut dapat diatasi dengan penggunaan skincare khusus bayi. Ketika bayi mengalami ruam pada area lipatan dan terasa gatal, orang tua bisa memberikan lotion khusus bayi pada area tersebut.

Untuk ruam, sebaiknya untuk bayi jangan dikasih bedak. Bedak memiliki risiko terhirup oleh bayi, sehingga tidak direkomendasikan untuk menggunakan produk bedak dalam menangani ruam.

Sumber: IDAI, Antara

Komen