Arifin Diterbitkan 9 March 2023

Mari Konsisten Menerapkan Pola Hidup Sehat 

Pandemi Covid-19 menghadirkan kesadaran perlunya untuk menerapkan pola hidup sehat. Jika kesadaran telah muncul, maka dibutuhkan konsistensi untuk melakoninya. Salah satunya dengan menerapkan makan bergizi sehat dan berimbang.

Untuk pola makan sehat dan berimbang, dapat berpedoman pada Isi Piringku dari Kementerian Kesehatan RI, guna menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit tidak menular.

Pedoman Isi Piringku mengacu pada pembagian piring makan yakni 2/3 makanan pokok, 1/3 lauk pauk, 2/3 sayur dan 1/3 buah, ditambah minum air delapan gelas per hari. Adapun untuk diet sehat dan seimbang, selain pola makan, tetap harus memiliki berat badan sehat berarti kisaran IMT-nya 18,5-22,9. Perhatikan juga asupan garam, gula, dan lemak.

Selain itu, ingat juga untuk melakukan aktivitas fisik 30 menit setiap harinya, serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Untuk pola hidup sehat, praktikkan beristirahat cukup, mengelola stres, memeriksa kesehatan secara berkala seperti gula darah, kolesterol, tinggi dan berat badan, serta lingkar perut.

Pandemi Covid-19 jika dimaknai dapat menghadirkan kebiasaan sehat bagi mereka yang bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Di antaranya dengan menyempatkan diri berolahraga pagi serta memasak makanan untuk diri. Dengan memasak sendiri, maka kebersihan serta komposisi gizi seimbang dapat lebih dijaga.

Sumber: Kemenkes RI, Antara