Carian
Mengupayakan Belajar Matematika Yang Menyenangkan Bagi Anak 
March 15, 2023 Arifin

Hari Matematika Internasional atau Pi Day diperingati setiap 14 Maret. Apa kiranya yang terbetik di pikiran ketika mendengar diksi ‘Matematika’?

Ketahuilah belajar matematika sesungguhnya tidak hanya berkaitan dengan akademis, tapi juga dapat berhubungan dengan pengembangan soft skills atau keterampilan nonteknis bagi anak.

Pengembangan keterampilan nonteknis tersebut antara lain belajar sistematisasi, belajar urutan, serta mengembangkan rasa ingin tahu. Semua hal tersebut dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sayangnya matematika kerap menjadi momok, baik bagi orang dewasa maupun anak-anak. Hal tersebut bisa disebabkan karena pengalaman yang tidak menyenangkan saat belajar matematika. Maka penting bagi orang tua kala menemani anak belajar matematika di rumah, untuk menjadikannya sebagai kegiatan yang menyenangkan bagi anak.

Orang tua dapat mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Sesungguhnya matematika tidak bisa dilepaskan dari kehidupan. Segala yang kita lihat, sentuh, dan bicarakan, tanpa sadar adalah matematika. Bentuk laptop, sudut-sudut di tempat tidur, hingga takaran bumbu dan garam saat memasak, sebagai contoh.

Di samping itu orang tua juga perlu menjalin komunikasi yang baik dengan guru di sekolah, demi kesinambungan pembelajaran ataupun mencoba mengetahui tips mengajar matematika untuk kelompok umur anaknya.

Sumber: Antara

Komen