Arifin Diterbitkan 15 March 2023

Menemukan Ikigai-mu 

Ikigai merupakan istilah Bahasa Jepang yang artinya “alasan untuk hidup”. Pada buku Ikigai: The Japanese Secret to a Long and Happy Life, penulis Hector Garcia & Francesc Miralles menyatakan bahwa kita semua memiliki Ikigai kita masing-masing.

Untuk menemukan Ikigai pada diri membutuhkan proses dan kesabaran. Ikigai dapat berupa alasan kita bangun di pagi hari. Hal tersebut merupakan kombinasi dari empat hal yaitu passion (apa yang disukai), mission (apa yang dibutuhkan dunia), vocation (apa yang kamu kuasai), profession (apa aktivitas yang bisa berbuah).

Keseimbangan hidup didapatkan dari persimpangan keempat hal tadi. Maka untuk menemukan Ikigai kita, dapat dilakukan refleksi ‘apa sih yang kamu suka?’, ‘apa sih yang kamu kuasai?’, ‘apa aktivitas yang bisa menjadi karier atau mendapatkan bayaran?’, ‘apa yang dibutuhkan dunia?’.

Adapun Ikigai, dari satu orang ke orang lainnya dapat berbeda. Dan tidak melulu terkait dengan materialisme. Bisa dari hal yang terlihat kecil dan sederhana, namun disitu ditemukan kebahagiaan. Seperti misalnya menikmati pagi hari, makan bersama keluarga, dan sebagainya.

Yang jelas orang yang menerapkan Ikigai memiliki alasan untuk hidup, tahu harus memperjuangkan sesuatu, serta memiliki harapan. Di samping itu salah satu pilar dari Ikigai adalah hadir di tempat dan waktu sekarang. Sepenuhnya berada di momen yang ada. Tekun pada aktivitas yang sedang dikerjakan.