World Sleep Day atau Hari Tidur Sedunia adalah peringatan tahunan untuk mengajak bertindak tentang isu-isu penting yang berkaitan dengan tidur, termasuk kesehatan, pendidikan, aspek sosial, dan lainnya.

Melansir situs National Today, Hari Tidur Sedunia dirayakan setiap tahunnya dengan tanggal yang berbeda-beda di bulan Maret. Untuk tahun ini, Hari Tidur Sedunia 2023 diperingati pada tanggal 17 Maret. 

Tidur sendiri memiliki beberapa definisi yakni dalam keadaan berhenti (mengaso) badan dan kesadarannya (biasanya dengan memejamkan mata); mengistirahatkan badan dan kesadarannya; berbaring; terbaring (tidak berdiri).

Jika merujuk pada ragam definisi tersebut, sejumlah makhluk memiliki perbedaan. Seperti pada kisah Bartimaeus, disebutkan bahwa jin tidak tidur.

Simak pula mengenai vampir, yang diwartakan tidur di peti mati. Vampir juga dikisahkan tidur selama matahari belum terbenam.

Tertidur dan bermimpi merupakan hal yang lumrah dan aman. Namun dalam kisah dimana Freddy Krueger merupakan tokoh antagonisnya, tertidur dan bermimpi dapat menjadi bencana.

Sementara itu dalam kisah lainnya, pemerannya merupakan sosok yang gemar tidur. Terdapat Nobita, Patrick yang memiliki hobi tidur.

Tentu jangan melewatkan kisah Sleeping Beauty, bercerita tentang putri Aurora adalah anak dari Raja Stefan dan Ratu Leah, yang dikutuk oleh peri jahat Maleficent akan tidur lelap saat ulang tahun ke-16. Kutukan tersebut hanya dapat dipatahkan jika dia memperoleh ciuman dari cinta sejatinya.

Sedangkan dalam kisah lainnya, terdapat Conan Edogawa yang menembakkan peluru bius pada Kogoro Mouri. Maka dikenallah istilah Kogoro tidur. Di saat itulah, Conan mengubah suaranya menjadi suara Kogoro serta mengungkap jalan perkara yang membutuhkan keahlian detektif.