Carian
Sejumlah Hal Menarik Di Bulan Ramadan 
March 27, 2023 Arifin

Sejumlah perubahan dari bulan-bulan lainnya terlihat. Terlebih bagi negara ataupun daerah dimana penduduk muslimnya dalam persentase yang signifikan. Bulan Ramadan memang memiliki keistimewaan tersendiri.

Dikarenakan Ramadan merupakan berpuasa, tidak makan dan minum mulai terbit fajar sampai terbenam matahari, maka lanskap terkait kuliner pun terlihat unik. Jika ada tempat makan yang buka di waktu orang sedang berpuasa, lazimnya terdapat tirai yang membatasi pandangan dan menghormati mereka yang berpuasa.

Ada pedagang kuliner yang memilih istirahat di bulan puasa, lalu buka lagi setelah lebaran nanti. Ada juga yang mengubah jam operasionalnya – seperti mendekatkan pada waktu sahur, menjelang berbuka, mengakomodasi mereka yang membutuhkan selepas salat tarawih.

Terkait jam beroperasi, sejumlah kantor pun melakukan penyesuaian. Dengan tidak adanya sesi jam makan siang, maka waktu efektif di kantor menjadi 7 jam. Waktu pulang dimajukan dari yang biasa, sehingga memberi kesempatan waktu lebih agar dapat berbuka di rumah.

Sejumlah menu khusus pun disajikan baik makanan ataupun minuman. Baik itu yang menyediakan makanan-minuman dalam berbagai skala, dari restoran hingga yang di pinggir jalan. Maka tak mengherankan di sejumlah restoran, menyediakan menu khusus yang mengakomodasi semangat Ramadan.

Di pinggir jalan, berbagai makanan-minuman tertentu pun hadir semerbak di bulan puasa ini. Seperti kolak, ketimun suri, kurma, aneka minuman manis, yang lebih intens hadir di bulan Ramadan.

Berburu makanan berbuka juga menjadi kesenangan tersendiri. Baik itu dengan berjalan kaki atau berkendara, memilah dan memilih yang ada.

Di samping itu sejumlah bazar pun tersedia pada Ramadan. Di antaranya yang menjadi perhatian adalah persiapan outfit untuk lebaran.

Komen