Carian
Mengenal Metode 60/10 & Teknik Pomodoro 
March 27, 2023 Arifin

Pada buku The 5 AM Club karya Robin Sharma terdapat sejumlah tips yang kiranya menarik untuk diterapkan. Terdapat Rule 90/90/1, selama 90 hari ke depan, gunakan 90 menit pertama untuk melakukan hal yang prioritas di pekerjaan kamu. Dengan melakukan ini, Anda memastikan 90 menit pertama harimu sepenuhnya terfokus pada aktivitas terpenting dan ini akan memberi hasil yang sangat baik.

Lalu terdapat juga metode 60/10, setelah setiap jam bekerja, istirahatlah selama 10 menit. Istirahat dapat dilakukan misalnya dengan berjalan kaki melihat pemandangan, dengan melakukan hal tersebut dapat memitigasi stres, serta nantinya dapat lebih fokus.

Untuk Rule 90/90/1, saya pun teringat mengenai disiplin dalam mengerjakan terkait dengan urgensi, serta penempatan pengerjaan itu dalam keseharian. Penulis Raditya Dika misalnya meletakkan hal tersebut sebagai kegiatan pertama yang dilakukannya pada pagi hari.

Lalu ada juga Dewi Lestari yang telah menulis 18 buku, ia mengistilahkannya dengan Filosofi Panci Presto. Memberi tekanan pada diri, menjadikan pengerjaan tulisan sebagai sesuatu yang harus dikerjakan. Dewi Lestari dengan Filosofi Panci Prestonya menjadikan menulis sebagai hal pertama yang dirinya kerjakan pada keseharian. 

Sedangkan untuk metode 60/10, saya teringat dengan metode lainnya yakni Teknik Pomodoro. Teknik Pomodoro merupakan sistem manajemen waktu yang menggugah orang untuk bekerja secara fokus dalam rentang waktu yang mereka miliki. Secara singkat, dengan menggunakan sistem ini kita akan membagi pekerjaan kita menjadi 25 menit per kegiatan dengan bekerja secara fokus terhadap satu tugas, kemudian 5 menit istirahat total, setiap jeda istirahat ini disebut sebagai “pomodoro”. Kemudian setelah melakukan 4 kali pomodoro, kita mengambil istirahat yang lebih lama lagi, yakni sekitar 15 sampai 20 menit.

Apa pun metode, teknik yang digunakan, kombinasikan dalam kehidupan Anda untuk bekerja dan beristirahat.

Komen