Carian
Mengapa Sebuah Perusahaan Mengganti Logonya? 
March 30, 2023 Arifin

Pepsi mengemas jenamanya dengan logo baru. Logo baru ini akan diperkenalkan secara berperingkat – bermula dari Amerika Utara pada tahun ini, dan diikuti secara global pada 2024. Apa yang dilakukan Pepsi, mengubah logo, merupakan hal yang lazim dilakukan oleh jenama. Apa pasal?

Pergantian logo dilakukan agar tetap relevan dengan bisnis perusahaan yang terus berkembang. Contohnya adalah Gojek. Dari logo ‘pengemudi motor bersinyal’, berubah menjadi logo berupa lingkaran cincin bundar dilengkapi bulatan titik di tengahnya.

Melalui akun Twitter-nya Gojek Indonesia mengungkap upaya rebranding ini dilakukan untuk merefleksikan evolusi bisnis dari awalnya berupa layanan transportasi roda dua menjadi pengelola super-app di Indonesia yang menyediakan 22 layanan.

Pergantian logo juga dapat dilakukan karena merger dan akuisisi yang dilakukan. Contohnya Bank Syariah Indonesia (BSI) merupakan bank hasil merger antara BRI Syariah, Bank Syariah Mandiri, dan BNI Syariah. Maka konsekuensi logisnya terdapat pergantian logo dari tiga bank tersebut menjadi logo Bank Syariah Indonesia.

Sedangkan untuk akuisisi contohnya Bank KB Bukopin. Hal ini sejalan dengan perubahan pemegang saham pengendali dan majority shareholder. Bank yang dulunya identik dengan warna hijau ini, kini telah berganti warna menjadi dominan kuning.

Ada pun pergantian logo perlu juga memperhitungkan multi platform. Sebagai pertimbangan untuk logo yang baru, jika dibuat terlalu rumit, banyak detail, akankah dapat ‘diterjemahkan’ dengan baik ke bentuk digital? Dengan pengenalan logo baru, maka perhatikan pula tampilan visual pada identitas, kemasan, media sosial, pengiklanan.

Komen