Carian
Berjalan Kaki Jadi Lebih Menyenangkan Dengan Ini 
April 10, 2023 Arfianingrum Pujiastuti

Salah satu resolusi Anda pada tahun 2023 teramat mungkin adalah menjadi lebih sehat, bugar, serta aktif bergerak. Maka berjalan kaki dapat menjadi metode yang menyokong harapan tersebut.

Berjalan kaki dapat meningkatkan kesehatan mental seseorang, membantu dalam manajemen berat badan, serta mengurangi risiko gangguan terkait kekebalan tubuh. Berjalan kaki juga membuat tulang kuat, membantu meningkatkan kualitas tidur dan merupakan cara efektif untuk memastikan tubuh cukup bergerak selama Ramadan tanpa membuat diri terlampau lelah.

Terdapat sejumlah tips agar berjalan kaki terasa lebih menyenangkan. Di antaranya memilih baju yang sesuai. Pilihlah pakaian yang nyaman dan sepatu berjalan yang baik guna meningkatkan manfaat berjalan pada tubuh.

Mengenakan pakaian yang memungkinkan tubuh bernapas dan berkeringat. Hindari kain dan denim ketat dan atau sintetis yang bisa menghalangi kemampuan tubuh untuk bergerak bebas.

Jika berjalan kaki belum menjadi kebiasaan, Anda dapat “mengawinkannya” dengan hobi yang disukai. Misalnya mendengarkan musik. Maka Anda dapat membuat daftar putar musik yang berisi lagu favorit. Atau bisa juga sembari mendengarkan podcast yang menarik. Dengan alunan suara tersebut berjalan kaki menjadi lebih nyaman serta termotivasi.

Kiat lainnya yakni mengajak teman. Ketika berjalan kaki bersama teman dekat atau keluarga, waktu dapat terasa begitu cepat berlalu. Sembari berupaya sehat dengan berjalan, aneka topik pembicaraan dapat diperbincangkan.

Tips selanjutnya, Anda dapat berjalan di lingkungan alam yang bebas dari kebisingan. Hal ini dapat menjernihkan pikiran serta terhubung kembali dengan alam yang dapat mendorong kedamaian dan ketenangan.

Anda pun dapat memanfaatkan taman-taman yang bertebaran di sekitar domisili. Pun menjelalah dengan berjalan kaki dapat menjadi menantang, menyenangkan, dengan memilih lokasi yang berbeda dan mengambil rute lainnya.

Lalu Anda dapat mengombinasikan antara periode jalan cepat yang melibatkan seluruh tubuh dan jalan lambat yang lebih santai. Hal tersebut memungkinkan tubuh mendapatkan manfaat dari keduanya.

Untuk berjalan kaki, Anda dapat menjadikannya sebagai kebiasaan harian dengan melekatkannya pada aktivitas. Contohnya, alih-alih berkendara ke toko kelontong terdekat, Anda dapat berjalan kaki.

Agar kebiasaan berjalan kaki terlacak, serta ada data kuantitatifnya, gunakan pedometer. Alat pelacak kebugaran tersebut dapat membantu seseorang melacak kemajuan, menetapkan sasaran untuk diri sendiri. Hal ini juga dapat menjadi motivasi, pengingat, serta melihat progres yang telah dilakukan.

Sumber: Khaleej Times, Antara

Komen