Arifin Diterbitkan 26 April 2023

Upaya Melindungi Kulit Dari Paparan UV 

Cuaca terik melanda beberapa hari terakhir ini. Terdapat bahaya paparan UVA dan UVB dari sinar matahari pada kulit, yaitu dapat merusak DNA sel kulit yang menyebabkan kanker kulit dan penuaan dini.

UVA dapat menyebabkan penuaan kulit, kerusakan DNA, pigmentasi kulit. Sedangkan UVB menjadi penyebab utama kanker kulit, sunburn (kulit terbakar), kulit merah.

Guna menghindari bahaya sinar UV pada kulit, disarankan untuk melakukan upaya perlindungan. Terlebih saat ini indeks UV sedang tinggi.

Berbagai upaya yang bisa dilakukan, di antaranya meminimalkan waktu di luar ruangan selama indeks UV berada pada puncaknya yakni sekitar pukul 10 pagi hingga 4 sore, menghindari sengatan matahari, menggunakan topi bertepi lebar yang dapat melindungi wajah, kepala, telinga, leher.

Gunakan pula tabir surya dengan sun protection factor (SPF) 30 atau lebih tinggi, tahan air, dan memberikan perlindungan dari UVA dan UVB. Oleskan tabir surya ke seluruh area kulit yang terpapar sinar matahari serta oleskan ulang setiap dua jam sekali atau sesegera mungkin setelah berenang atau berkeringat.

Sumber: Antara