Carian
Belakang Layar Foto Bersama Kala Lebaran 
April 28, 2023 Arifin

Salah satu hal yang tak dilupakan ketika momen Lebaran adalah foto bersama. Hal yang terlihat sederhana, namun dapat menjadi rumit karena melibatkan banyak orang. Fungsi foto bersama ini pun dapat meningkat, dengan kian intensifnya penggunaan media sosial. Berbagi kabar gembira di Hari Raya menjadi bagian yang turut memenuhi lini masa pada hari-hari ini.

Foto bersama bisa jadi meleset. Dikarenakan terlalu asyik berbincang, ada tamu lainnya yang datang, pesanan kendaraan online yang telah tiba, dan berbagai penyebab lainnya.

Foto bersama juga memiliki dinamika tersendiri ketika melibatkan anak-anak. Ada yang sukar untuk diam, posenya suka-suka, dan sebagainya. Memotret toddler sebagai misal memang dapat tricky, memerlukan kesabaran, momentum yang pas, ataupun trik tertentu.

Foto bersama juga dapat terjadi berkali-kali. Baik karena ada pose yang tidak selaras, ketika dihitung kok ada yang tidak lengkap, ataupun kebutuhan berbagai macam gaya. Ya, untuk kebutuhan berbagai macam gaya, Anda pun dapat menimba referensi agar gaya foto Anda tidak begitu-begitu saja.

Cuaca pun dapat mengambil peran saat foto bersama. Apakah backlight, cuaca yang terlalu panas – hingga menyebabkan keringat, senewen tertentu.

Bagi pengambil fotonya selain memperhitungkan estetika, muat semua objek, juga dapat menyertai dengan kemampuan komunikasi diplomasi. Tak sekadar cekrek memotret, melainkan ikut mengarahkan gaya, melontarkan humor, memberikan saran.

Setelah selesai foto diambil, apakah telah selesai? Bisa jadi belum, karena harus memikirkan caption di media sosial, memakai fitur dari media sosial yang ada, edit sana-sini.

Di balik foto bersama yang dilakukan, ada berbagai kisah “belakang layar”, yang jika diingat-ingat ‘seru juga ya’.

Komen