Terdapat sejumlah mantra dalam kisah Harry Potter. Menariknya mantra-mantra tersebut tak hanya berdiri sendiri, melainkan diberikan narasi, filosofi, serta makna di baliknya. Maka bagi pembaca buku ataupun penonton filmnya, tak hanya akrab dengan sat set mantra, namun lebih jauh bertaut dengan mantra-mantra tersebut.

Bahkan jika mau kait-mengaitkan berbagai mantra di kisah rekaan JK Rowling tersebut dapat diselaraskan dengan isu kesehatan mental. Di antaranya adalah Expecto Patronum. Sebelum menggunakan mantra ini, penyihir perlu memiliki kenangan paling bahagia. Gunanya untuk mengalahkan kesedihan serta ketakutan yang akan muncul ketika menghadapi Dementor.

Seperti diketahui Dementor menghisap kebahagiaan seseorang, sehingga yang tertinggal dalam diri hanyalah ketakutan serta kesedihan yang membuat orang tak berdaya.

Apa kenangan paling bahagia yang Anda miliki? Ketika sedang tertekan secara mental, ada baiknya untuk memiliki kenangan-kenangan bahagia ini. Dengan begitu ada kesadaran bahwa hidup bermakna, bermanfaat untuk orang lain, serta terdapat validasi dari orang lain mengenai diri. Ada baiknya untuk mengumpulkan, mendokumentasikan berbagai hal-hal yang membahagiakan. Tak hanya ketika sedang merasa down, manfaatnya dapat dirasakan, dalam keseharian, kenangan-kenangan bahagia dapat menjadi ikigai dari seseorang.

Sementara itu dari para penjaga penjara Azkaban yakni Dementor, kita dapat belajar mengenai kesehatan mental pula. Kekuatan mengerikan Dementor yakni memaksa korban mereka menghidupkan kembali kenangan paling mengerikan dalam hidup mereka, membuat mereka tenggelam tak berdaya dalam keputusasaan mereka sendiri. Pada berbagai buku motivasi dipaparkan mengenai kekuatan pikiran. Bagaimana Anda terbentuk dari pikiran. Maka jika yang Anda ambil dari arsip pikiran hal-hal buruk, itu pun dapat berpengaruh pada Anda. Pun begitu jika yang diambil dari arsip pikiran hal-hal baik, maka akan memengaruhi mindset dan tindakan. Mari membiasakan untuk mengambil arsip pikiran yang baik serta memberikan asupan pikiran-pikiran baik dalam keseharian.