Carian
Mengenal Asma Pada Anak
May 3, 2023 Arifin

Asma merupakan gangguan pernapasan yang sering bersifat alergis, ditandai dengan sulit bernapas dan rasa sesak dalam dada; penyakit sesak napas; bengek. Lalu bagaimana kiranya asma pada anak?

Meski gejala asma pada anak-anak tidak berbeda dengan orang dewasa, anak-anak dapat menghadapi tantangan unik yang bisa menyebabkan mereka dirawat di rumah sakit sehingga melewatkan hari sekolah.

Gejala asma pada anak dapat dilihat dengan terdengar suara siulan saat menghembuskan napas, sulit untuk tidur karena sesak napas yang dapat menyebabkan kelelahan, batuk atau bersin dan sesak di dada.

Asma pada anak juga menyebabkan batuk yang sering serta diperparah dengan infeksi virus, kesulitan bernapas saat olahraga atau karena udara dingin dan kesulitan dalam pemulihan dari bronkitis setelah infeksi pernapasan.

Adapun cara paling efektif guna mengelola asma pada anak dengan menghindari pemicunya. Penting untuk memahami pemicu asma, karena setiap anak dapat memiliki pemicu yang berbeda. Pemicu asma juga dapat berbeda pada musim tertentu.

Salah satu pemicu asma pada anak-anak yang paling umum adalah alergen, termasuk hewan, serbuk sari, debu, tungau. Meski tidak mungkin untuk sepenuhnya menghindari pemicu tersebut, tindakan pencegahan dapat diambil untuk meminimalkan paparan alergen.

Caranya di antaranya dengan menjaga area kamar anak bebas debu dan bersih, cuci gorden dan seprai secara berkala, menghindari bantal bulu dan selimut serta jaga agar area lembab seperti kamar mandi bebas jamur.

Lalu, iritasi tertentu seperti parfum, produk pembersih, cat, asap rokok, polusi udara juga dapat memicu serangan asma pada anak. Hal tersebut dapat dikurangi di antaranya dengan menghindari merokok di rumah atau di mobil, menginvestasikan alat pembersih udara di rumah, menjauhkan anak dari tempat yang berbau cat atau tempat pertukangan.

Tips lainnya untuk menghindari anak dari kemungkinan infeksi saluran pernapasan biasa, seperti pilek atau flu, yang dapat menyebabkan asma kambuh. Anak dapat diminta untuk menjaga kebersihan tangan untuk menghindari gejala flu.

Kiat lainnya yakni menghindari paparan cuaca ekstrem yang dapat memicu asma pada anak. Anda dapat memperkirakan baiknya berapa lama anak di luar ruangan, serta menggunakan pakaian yang memadai untuk menghindari risiko cuaca ekstrem.

Sumber: Medical Daily, Antara

Komen