Carian
Keindahan Pada Kegelapan, Dari Kunang-Kunang Hingga Meneropong Benda Langit 
May 8, 2023 Arifin

Apakah kegelapan begitu dieliminasi? Nyatanya pada tingkat kegelapan tertentu, berbagai hal baik, keindahan dapat terjadi.

Seperti generasi 90-an yang masih mengalami byar pet mati lampu. Tak habis akal mengisi waktu, dengan permainan bayangan yang dilakukan memadukan cahaya lilin, atraksi tangan, dimana “layarnya” adalah tembok.

Keindahan lainnya yang dapat dijumpai pada tingkat kegelapan tertentu yakni kunang-kunang. Pernahkah Anda melihat kunang-kunang di malam hari? Pendar cahaya dari tubuh kunang-kunang selain sedap dipandang, juga menimbulkan perasaan bahagia.

Pernah ke observatorium Bosscha? Disana Anda dapat meneropong benda-benda langit. Ada peran tingkat kegelapan tertentu, untuk dapat melihat benda-benda langit ini. Kilau cahaya dari modernisme era kini menimbulkan polusi cahaya, yang mengakibatkan peneropongan benda langit terganggu.

Tingkat kegelapan tertentu juga dibutuhkan untuk tidur dengan nyenyak dan baik. Seperti dilansir Alodokter, bila Anda memerlukan lampu tidur, pakailah yang berwarna merah atau kuning dengan pencahayaan redup saat Anda tidur, karena efeknya yang paling rendah terhadap irama sirkadian dan melatonin, bila dibanding dengan warna lainnya.

Disarankan untuk membatasi pencahayaan yang masuk ke kamar. Bila ada cahaya terang dari luar kamar, Anda bisa memberikan penghalang atau dengan memakai penutup mata. Perlu diingat kamar tidur yang nyaman idealnya memang minim pencahayaan atau bahkan gelap, sejuk, dan bersih.

Komen