Carian
Ayo Perhatikan Kolesterolmu! 
May 10, 2023 Arifin

Masih ingat dengan hidangan pada Hari Raya Idulfitri? Seperti opor, ketupat sayur. Ingatlah bahwa makanan tak hanya nikmat di lidah, melainkan juga harus disikapi dengan memerhatikan kesehatan dan makan secukupnya.

Kolesterol merupakan produk akhir dari makanan berlemak, yang akan diserap dalam darah dan dapat menempel di pembuluh darah. Contohnya, lemak dari daging, makanan bersantan, jeroan, makanan yang digoreng.

Jika kita makan makanan yang sumber kolesterol dan lemak yang tinggi, maka kolesterol dalam darah akan meninggi. Apalagi jika mengonsumsi gorengan terus-menerus dan berlebihan, menyebabkan lemaknya tinggi dan lemak yang jenuh jadi kalori di saluran pencernaan tinggi hingga ke darah.

Gejala kadar kolesterol tinggi akan muncul jika ada komplikasi, seperti hipertensi, penyakit jantung koroner, atau diabetes. Namun, gejala yang kerap terjadi dan dikaitkan dengan penderita kolesterol tinggi yakni terjadi peningkatan berat badan, kemudian pada orang yang tengkuknya menjadi kaku, kesemutan, nyeri otot setelah olahraga, pusing, mata merah, kuku yang mulai menebal, hingga sering merasa mengantuk dan cepat lelah.

Kolesterol tinggi juga disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat dengan pola makan buruk dan jarang berolahraga.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Pencegahan akan kolesterol tinggi, dapat diupayakan dengan menjaga pola makan agar teratur, lalu olahraga minimal 30 menit tiap hari secara rutin.

Sumber: Kalbe Farma, Antara

Komen