Carian
Yoga Membantu Relaksasi Pikiran Bagi Ibu Hamil 
May 15, 2023 Arifin

Olahraga yoga bermanfaat guna membantu relaksasi pikiran pada ibu hamil sehingga proses persalinan hingga pasca-persalinan menjadi lebih mudah. Dengan melakukan yoga, badan dari ibu hamil juga lebih stretching, lebih tidak tegang, serta tidak kaku.

Perlu diingat kondisi mental ibu hamil rentan mengalami perubahan, bahkan pada beberapa kasus dapat berujung menjadi baby blues. Meski ibu merasa bahagia menyambut kelahiran buah hati, di sisi lain ibu juga dapat merasa kelelahan, stres karena faktor tertentu seperti kurang tidur.

Maka olahraga yoga dapat menjadi salah satu cara untuk memperbaiki kondisi mental ibu yang buruk. Yoga bisa dimulai sejak trimester pertama. Olahraga ini penting dilakukan, apalagi lazimnya ibu hamil kerap mengeluhkan punggung yang pegal akibat bertambahnya bobot pada janin.

Yoga dapat dilanjutkan setelah melewati masa persalinan, baik persalinan normal maupun persalinan operasi Caesar. Mengingat yoga dapat membuat psikis lebih baik, maka proses kehamilan yang dilalui ibu akan lebih bahagia dengan kualitas cenderung meningkat. Yoga cukup dilakukan 30 menit setiap minggu pada ibu hamil.

Selain itu penting juga dukungan yang diberikan oleh pasangan untuk membantu menjaga suasana hati pada ibu selama melewati proses kehamilan hingga pasca-persalinan. Dukungan yang diberikan dapat berupa menemani ibu hamil saat kontrol rutin, menemaninya saat melakukan olahraga yoga ataupun senam hamil.

Komen