Carian
Badut Di Sejumlah Video Musik, Hingga Fobianya 
May 16, 2023 Arifin

Video musik “Larasuka” dari band Fourtwnty menambah panjang lakon badut. Ya, badut memang telah muncul beberapa kali pada video musik, di antaranya “Manusia Bodoh”, “Jangan Cintai Aku Apa Adanya”.

Pada video musik “Jangan Cintai Aku Apa Adanya”, dikisahkan Tulus sang penghibur yang berprofesi sebagai badut. Ia sedang menunggu buah hatinya lahir. Sementara sang istri yang tengah hamil, terlihat menerima segala kurang dari Tulus.

Cinta dan kisah pun berkembang, hingga Tulus telah beruban, memiliki beberapa anak, diganjar sejumlah penghargaan sebagai musikus andal.

Sedangkan pada video musik “Larasuka”, mewartakan sesuai makna lagunya yang mengekspresikan kesedihan di balik senyum kebahagiaan. Divisualisasikan badut yang lelah berkeliling dan beristirahat di bus kosong untuk menangisi hari.

Badut sendiri merupakan bagian yang identik dengan karnaval, sirkus, pesta ulang tahun. Di samping itu pada beberapa kisah, badut diidentikkan dengan tokoh antagonis seperti Joker serta Pennywise. Hal tersebut ditengarai menjadi salah satu faktor “turun panggungnya” Ronald McDonald’s sebagai ikon dari restoran cepat saji tersebut.

Dalam benak publik, ada persepsi karakter badut jahat, di samping itu sejumlah tindakan kriminal yang pelakunya menggunakan topeng badut, menambah suram “imajinasi” terhadap badut.

Masih terkait dengan badut, tahukah Anda mengenai Coulrophobia (Fobia Badut)? Fobia spesifik tersebut, seperti diungkap halodoc, terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan coulrophobia, yakni:

  • Riwayat Keluarga. Memiliki kerabat dekat dengan fobia atau jenis gangguan kecemasan lainnya dapat membuat orang lebih rentan mengembangkan fobia.
  • Pengalaman Negatif. Pengalaman pribadi negatif dengan badut di usia muda juga dapat berkontribusi pada perkembangan fobia ini.
  • Penggambaran Badut oleh Media. Media massa telah menciptakan hype seputar badut jahat, sehingga bahkan anak-anak terpengaruh untuk tidak menyukai atau takut pada mereka.
Komen