Carian
Roller Coaster Perasaan Saat Nonton Bareng Sepak Bola
May 17, 2023 Arifin

Pada Selasa malam (16/5/2023) saya bersama keluarga besar menonton final sepak bola Sea Games. Nuansa nonton bersama tersebut terjadi dimana-mana. Aneka suara yang mengekspresikan jalannya pertandingan pun terdengar seakan sahut-menyahut.

Pada salah satu episode Upin & Ipin, pengalaman nonton bareng pun menjadi bahasan. Semula Upin & Ipin bersama sahabat-sahabatnya akan menonton pertandingan langsung di stadion. Tiket yang terbatas, sehingga harus memilih siapa saja yang ikut, menjadi salah satu bumbu cerita dan konflik pada episode tersebut.

Upin yang cedera kaki, untuk kemudian mengurungkan niatnya ke stadion. Pun begitu dengan saudara kembarnya Ipin. Bagaimana dengan teman-teman mereka? Nyatanya solidaritas, persahabatan, membuat mereka ikut nonton bersama melalui layar televisi di rumah. Keseruan tetap terjadi, mulai dari bendera yang dikibarkan, wajah yang diwarnai, terompet yang ditiupkan.

Partai final yang mempertemukan Malaysia menghadapi Indonesia tersebut juga menjadi guyub di mata anak-anak itu. Kala Malaysia mencetak gol, Upin dan teman-teman merayakannya. Kala Indonesia menyamakan keadaan, giliran Susanti yang bergembira. Mereka pun tetap akur dan berbahagia bersama.

Menonton bareng memang sejatinya, semestinya menjadi pengalaman bermakna, berkesan dengan orang-orang terdekat. Entah itu keluarga, sahabat. Menonton bersama, apa pun itu hasilnya, menang-kalah, ada yang lebih besar dari itu. Sportivitas, pengalaman bermakna menonton bareng, adalah hal yang lebih berarti.

Dalam memori saya secara personal, telah begitu banyak arsip menonton bareng sepak bola, baik itu di stadion, melalui layar televisi, event nonton bersama, jika diingat-ingat, pengalaman nonton bareng itu “hangat” dan menyenangkan. Tak hanya adrenalin yang dipacu ketika menonton, deg-degan, namun juga perasaan gembira dengan orang-orang terdekat menyorakkan kebahagiaan ataupun sedih bersama.

Komen