Carian
Tips Menjaga Keselamatan Anak Ketika Berenang 
May 24, 2023 Arifin

Bayi dan anak-anak merupakan ceruk umur yang rentan mengalami insiden tenggelam ketika berenang sehingga orang tua perlu memerhatikan keselamatan anak agar terhindar dari risiko tenggelam. Kerentanan dari bayi dan anak-anak dikarenakan keterbatasan fisik dan kemampuan kognitifnya.

Terdapat sejumlah tips yang dapat diterapkan oleh orang tua ketika menemani anaknya berenang, baik di air terbuka (laut, danau, sungai), kolam renang dan bak mandi agar keselamatan mereka terjaga dari insiden tenggelam.

Penting kiranya pengawasan orang tua atau orang dewasa ketika anak sedang berenang dan jangan sampa aktivitas anak di dalam air luput dari penjagaan orang tua.

Ketika anak berenang di air terbuka (laut, danau, sungai), lakukan pengawasan dan penjagaan orang dewasa yang siaga di sekitar anak. Di samping itu, orang tua juga perlu mengajari teknik berenang yang benar kepada anak.

Kemampuan berenang yang baik juga penting bagi orang tua. Karena jika anak tenggelam, orang pertama yang siaga dan dapat menyelamatkan anak tersebut adalah orang tuanya.

Anak-anak juga perlu diajarkan dan dilatih kemampuan bertahan hidup di air, agar anak mengetahui langkah yang harus dilakukan ketika berenang untuk menghindari risiko tenggelam. Pastikan pula anak memakai jaket pelampung ketika berenang di air terbuka.

Sedangkan untuk tips berenang di kolam renang, pastikan kondisi keamanan kolam renang yang akan digunakan. Periksa keamanan serta kelengkapan keselamatan yang tersedia di kolam tersebut, seperti penjaga kolam yang siaga, pelampung, serta kelengkapan lainnya.

Perhatikan pula kedalaman kolam. Pastikan kolam yang digunakan anak memiliki kedalaman sesuai dengan umur dan tingginya. Apabila anak belum mampu berenang dengan baik, hindari kolam dengan kedalaman di atas satu meter.

Jika anak masih berusia di bawah empat tahun, pastikan orang tua selalu memegang tangan anak saat berenang meskipun anak tersebut telah mahir berenang.

Sebelum turun ke kolam renang, anak menggunakan pelampung yang sesuai dengan ukuran tubuh dan umurnya. Hindari membawa mainan ke dalam kolam renang, karena dapat mengalihkan fokus anak ketika berenang serta dikhawatirkan anak akan terpeleset ketika mengambil mainan ke dalam kolam renang.

Langkah antisipasi jika anak tenggelam, orang tua perlu mempelajari teknik pemberian napas buatan serta melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter jika anaknya memiliki kondisi kesehatan khusus.

Ada pun kemampuan berenang yang perlu dimiliki oleh anak ketika berenang di kolam renang yakni teknik renang dasar seperti cara bernapas, bergerak maju, mengambang. Pastikan pula kondisi anak sehat saat akan berenang dan hindari mengonsumsi obat yang dapat menggangu keseimbangan dan koordinasi tubuh anak ketika berenang.

Sedangkan kiat untuk menjaga keselamatan anak ketika berenang di bak mandi (umumnya dilakukan oleh anak usia bayi dan balita), dengan selalu mengawasi dan memperhatikan bayi ketika berada di bak mandi.

Sumber: IDAI, Antara

Komen