Carian
Tips Mencuci Kain Tenun 
May 31, 2023 Arifin

Dibutuhkan cara yang tepat dalam merawat kain atau setelan berbahan tenun agar tetap indah dan terjaga. Tenun merupakan hasil kerajinan yang berupa bahan (kain) yang dibuat dari benang (kapas, sutra, dan sebagainya) dengan cara memasuk-masukkan pakan secara melintang pada lungsin.

Pahami cara merawat kain tenun, terutama saat mencucinya. Dikarenakan jika salah mencuci, dapat berakibat fatal yakni merusak kain atau warnanya.

Perlu diketahui kain tenun asli, terlebih yang diwarnai dengan pewarna alami, akan lebih mudah pudar, luntur, sehingga perlu merawat dan mencucinya dengan lembut.

Mencuci kain tenun cukup dilakukan dengan tangan. Baiknya hindari penggunaan mesin cuci, karena dapat merusak serat-serat dan benang pada kain. Mencuci dengan tangan juga memungkinkan seseorang untuk mengatur kekuatan dan tekanan gosokan pada kain tenun. Gunakan air dingin untuk menjaga warnanya.

Kain tenun hanya perlu dicuci dengan sabun yang lebih lembut seperti sabun mandi, sedangkan detergen masih diperbolehkan, namun hanya dengan takaran yang sangat sedikit.

Sesungguhnya terdapat sabun alami yang direkomendasikan untuk mencuci kain tenun, yakni buah lerak. Namun, jika sulit mendapatkannya, sabun mandi atau sedikit detergen juga diperbolehkan.

Tips selanjutnya, merendam dulu kain dengan air dingin agak lama sebelum dicuci. Ini membuat kotoran yang menempel akan melunak sebelum dicuci, sehingga mencucinya tidak lagi memerlukan tenaga besar.

Sumber: Antara

Komen