Carian
Karena Petualangan Ke Negeri Jauh Memang Menarik 
June 5, 2023 Arifin

Apakah Anda sering melihat tempat wisata di luar negeri? Membaca buku-buku perjalanan ke suatu negara, mendengarkan kisah pengalaman orang yang berada di suatu negara, dan sebagainya. Percayalah Anda tidak sendiri, melainkan banyak pula yang seperti itu.

Maka sejumlah konten tersebut ramai digemari. Mungkin ada semacam perasaan ‘enak ya disana’, ‘bagus ya disana’, ‘seru ya disana’.

Beberapa konten pemengaruh (influencer) di antaranya mengenai kehidupan di luar negeri. Baik itu mereka yang berlatar mahasiswa, ibu rumah tangga, ataupun sedang berwisata ke luar negeri. Ada rasa ingin tahu mengenai pemandangan alam, pendidikan, budaya, lingkungan sosial, serta segala hal di luar negeri.

Konten dari para orang luar/ekspatriat di dalam negeri pun mendapatkan sambutan. Misalnya bagaimana mereka mengucapkan bahasa, makanan yang disantap, pengalaman berwisata, dan sebagainya.

Rasa ingin tahu tentang negeri jauh bukan kali ini saja datang. Hal tersebut sejalan dengan eksistensi manusia. Maka ada rasa petualangan, berkelana, perjalanan. Berbangsa-bangsa dan bersuku-suku untuk saling kenal-mengenal.

Produk budaya manusia pun memperlihatkan kisah perjalanan tersebut. Seperti di komik, novel, film, dan sebagainya. Di komik Tintin misalnya, Anda diajak untuk mengetahui berbagai negara sembari dikemas dengan nuansa petualangan.

Lalu di film berlatar aksi, tak hanya bak bik buknya yang seru, tapi latar aksinya pun menarik. Maka film seperti James Bond, Mission Impossible, John Wick, memiliki pilihan tempat yang turut memanjakan visual penontonnya.

Dari sudut pandang novel, sejumlah tempat di negeri jauh pun turut mewarnai. Seperti misalnya “Edensor”, “The Architecture of Love”, “Ayat-Ayat Cinta” – yang membawa pembacanya untuk turut menyelami kehidupan di negeri jauh tersebut.

Dan mungkin alasan Anda ketika akhirnya pergi ke luar negeri, bisa karena ragam informasi yang diasup tersebut. Maka tak mengherankan jika strategi wisata dari suatu negara melekat dengan pendekatan film, musik, promosi halus yang mengena tanpa disadari.

Komen