Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati tanggal 5 Juni setiap tahunnya. Pada tahun ini tema yang diusung “Beat Plastic Pollution” yang berarti “mengalahkan polusi plastik”.

Berbagai kampanye dan langkah dapat dilakukan sebagai aksi nyata peduli terhadap lingkungan hidup. Di antaranya dengan membiasakan berjalan kaki ataupun menggunakan moda transportasi yang ramah lingkungan.

Berjalan kaki berdampak baik bagi kesehatan (seperti membakar lemak). Berjalan kaki selain menyehatkan juga dapat menjadi wahana datangnya ide, inspirasi, terlebih jika dilakukan di fasilitas yang mendukung, seperti pohon rindang di sekelilingnya, trotoar yang aman nyaman.

Adapun salah satu moda transportasi ramah lingkungan yang dapat digunakan dalam keseharian adalah sepeda. Kereta angin ini menggunakan tenaga manusia untuk menggerakkannya. Jika belum terbiasa, Anda dapat menggunakan sepeda untuk jarak dekat di sekitar rumah, ataupun menggunakannya di akhir pekan kala car free day.

Masih terkait moda ramah lingkungan, yang sedang gres menjadi referensi yang menggunakan listrik. Baik itu bus listrik, mobil listrik, sepeda motor listrik, sepeda listrik.

Untuk sepeda listrik, penasaran ingin mencobanya? Anda bisa berkeliling kampus Universitas Indonesia (UI) memakai sepeda listrik. Terdapat 450 unit sepeda listrik Beam Rover yang dioperasikan di seluruh kawasan UI. Beroperasi mulai pukul 05.00 WIB sampai pukul 23.00 WIB. Untuk kecepatan maksimalnya 25 km/jam. Sedangkan biaya unlock sebesar Rp1.750 dengan tarif per menit Rp700.

Ada pun jika dikaitkan dengan tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini yakni “mengalahkan polusi plastik”, langkah menghindari sampah kantong plastik dari Andhini Miranda (pemengaruh dengan akun Instagram @021suarasampah) layak untuk diterapkan.

Di antaranya dengan memilih produk-produk curah yang dibeli menggunakan wadah yang dibawa dari rumah, maka semua sampah kemasan bisa dicegah sejak awal.

Tips lainnya dengan melakukan belanja terencana. Misalnya ketika belanja bahan makanan di supermarket. Dari rumah, Anda dapat membuat daftar belanja untuk keperluan menyiapkan jumlah dan jenis wadah yang perlu dibawa. Hal ini juga supaya tidak beli melebihi kebutuhan. Ketahuilah dengan belanja tanpa kemasan sekali pakai, kita juga sudah berkontribusi meredam pemanasan global.