Carian
Akhir Sebuah Era Pemain Kesayangan Generasi Milenial 
June 6, 2023 Arifin

Musim kompetisi di liga-liga Eropa telah menutup tirainya. Praktis tinggal final Conference League serta Liga Champions yang tersisa di pekan ini. Berbagai warta dan sejumlah konklusi didapatkan pada akhir musim ini.

Pada akhir musim ini, seakan menjadi akhir bagi sebuah era. Bagi generasi milenial harus merelakan beberapa nama yang akrab telah pensiun ataupun tidak lagi bermain di Eropa.

Ada Zlatan Ibrahimovic yang memutuskan pensiun di umur 41 tahun. Zlatan adalah jaminan mutu, selama berkarier di berbagai klub, ragam trofi telah diangkatnya. Malmo, Ajax Amsterdam, Juventus, Inter Milan, AC Milan, Barcelona, PSG, Manchester United, LA Galaxy – merupakan deretan klub yang merasakan impak, jasa dari striker jangkung lagi lincah ini.

Akhir sebuah era juga didapatkan dengan sayonaranya Sergio Busquets dan Jordi Alba dari Barcelona. Keduanya merupakan bagian dari kesuksesan tim Catalan tersebut selama bertahun-tahun.

Umur memang dapat memengaruhi berkarier dimana, pun begitu sepertinya dengan yang dialami Karim Benzema. Setelah 14 tahun berseragam Real Madrid, akhirnya striker berpaspor Prancis ini melanjutkan tajinya di Liga Arab Saudi. Tepatnya bergabung di klub Al Ittihad.

Bergabungnya Benzema, semakin mengukuhkan magnet Liga Arab Saudi. Sebelumnya Cristiano Ronaldo pada jendela transfer musim dingin bergabung ke Al-Nassr. Sejumlah nama pun dirumorkan akan ikut mencoba peruntungan di Arab Saudi, di antaranya Busquets, Alba, Sergio Ramos, Aubameyang, Ngolo Kante.

Setelah MLS, Liga China, kini Liga Arab  Saudi menjadi kompetisi yang diminati bagi nama-nama yang telah sekian lama malang melintang di Eropa.

Lalu, masih ada Lionel Messi yang masih dinanti akan berlabuh dimana musim 2023-2024. Kapten timnas Argentina tersebut telah berpisah jalan dengan PSG. Sedangkan klub yang diisukan menjadi destinasi berikutnya, salah satunya Al Hilal – ya lagi-lagi Liga Arab “menggoda” dengan bayaran yang menggiurkan. Lalu ada Inter Miami, dan tentu saja cinta lama Messi yakni Barcelona.

Komen