Carian
Bagaimana Cara Anda & Saya Mengingat? 
June 7, 2023 Arifin

Ingatan, seberapa ingat Anda ketika diminta memesan makanan teman-teman? Apakah setajam Habibie dalam filmnya? Atau sepresisi Riani (Raline Shah) dalam film 5 cm? Atau malahan lupa-lupa ingat jika disuruh memesankan.

Sepertinya saya lebih tipikal yang lupa-lupa ingat itu, terlebih jika begitu banyak variasi pesanan: tidak pakai ini, tambahkan itu yang banyak.

Bagaimana cara Anda menggunakan ingatan ketika duduk di bangku sekolah dan kuliah dahulu? Lalu bagaimana Anda menggunakan ingatan dalam berbagai tindak keseharian kini?

Jika boleh berbagi, dikarenakan lupa-lupa ingat saya itu, maka saya menggunakan cerita lucu dan absurd dari ikon-ikon tertentu. Pola semacam itu saya gunakan terutama di bangku sekolah, ketika membutuhkan banyak hafalan ini dan itu.

Pola seperti itu memangkas apa yang diingat menjadi tinggal ikon-ikon tokoh tertentu serta kegiatan yang dilakukannya dalam suatu alur tertentu. Dari nama tokoh, peristiwa yang perlu diingat, padukan menjadi cerita absurd lagi lucu.

Cara saya mengingat juga dengan rajin mencatat. Mencatat baik dalam bentuk tulisan ataupun gambar.

Untuk tulisan, saya terkadang melakukan simplifikasi dengan poin-poin tertentu, intisarinya. Mencatat poin menarik dari apa yang saya baca, dengar, tonton.

Sedangkan gambar, untuk lebih mengingat secara visual. Di buku catatan, saya melengkapi dengan gambar yang sekiranya akan memudahkan otak untuk memanggil kembali informasi yang dibutuhkan.

Cara untuk mengingat selanjutnya yang saya terapkan yakni dengan menulis. Menulis sampai jadi bertentuk tulisan dilakukan untuk me-recall kembali segala ingatan, melakukan pengayaan, serta mencari pengetahuan baru. Dengan menulis, lazimnya akan lebih membaca, memeriksa berulang, serta lebih melekat di ingatan.

Bukankah dengan menulis saja, diperlukan informasi dasar, penyuntingan? Bahkan ketika berbilang waktu jika lupa dengan ilmu tertentu, ternyata tulisan tersebut yang mengingatkan mengenai rupa-rupa ilmu. Itu cara saya, bagaimana dengan cara Anda?

Komen