Carian
Mengenal Pohon Trembesi & Ketapang Kencana 
June 8, 2023 Arifin

Masih dalam semangat Hari Lingkungan Hidup Sedunia, mari mengenal lebih jauh tentang aneka pohon yang bisa Anda temui ketika di perjalanan, kebun, ataupun di ruang terbuka hijau.

Sebagai informasi, pepohonan perkotaan yang sehat mampu menahan air hingga 70% pada satu jam pertama hujan. Ada pun kanopi pada pepohonan mampu mengurangi polusi udara (berkurangnya konsentrasi partikel 15%-20%).

Apakah Anda menjadikan pohon ketapang kencana sebagai penghias taman rumah dan kebun? Pohon Ketapang Kencana merupakan pohon peneduh. Ketapang Kencana juga berguna untuk menyerap polusi udara yang ada di lingkungan sekitar.

Lalu kenali juga pohon Trembesi yang berdaun tebal. Pohon Trembesi memiliki bentang yang
luas, serta membuat sejuk dan teduh. Pohon Trembesi juga anti-erosi.

Pohon Trembesi juga sering digunakan sebagai tanaman pelindung atau peneduh sebab mampu menyerap karbon dan polutan lebih tinggi.

Seperti dilansir Teman Taman Jakarta, pohon Trembesi mampu menyerap 1,5 ton karbon setiap tahun. Di daerah aliran sungai, Trembesi terkenal sebagai rain tree karena mampu menyimpan sebagian besar air hujan sebagai air tanah. Jadi, pohon ini berpotensi mencegah longsor dan banjir.

Perlu diketahui pada tahap awal penanamannya diperlukan perawatan khusus dengan komitmen perawatan 3 tahun untuk memastikan Trembesi tumbuh sempurna.

Pohon Trembesi termasuk dalam tanaman cepat tumbuh (fast growing) dan sangat mudah disebarkan. Pertumbuhan Trembesi tiap tahun mencapai 0,75-1,5 meter dan pada usia 10 tahun, tinggi Trembesi dapat mencapai 15-25 meter.

Komen