Arifin Diterbitkan 14 June 2023

Kreativitas Kala Waktu Terbatas 

Keterbatasan waktu, dari situ kita dapat membuat simpel dan tepat sasaran. Raditya Dika dalam kelas menulisnya pernah mengungkap untuk membuat ikhtisar dari karya secara pendek.

Sependek apa? Sependek waktu ketika menjelaskan kepada seseorang saat menaiki lift. Raditya menjelaskannya dengan contoh, ketika ia “menjual” ide naskah film Hangout dilakukan dalam pembicaraan di lift.

Keterbatasan waktu dan fokus perhatian, maka lead atau teras berita begitu penting. Tak mengherankan jika perlu disunting berkali-kali demi mendapatkan lead yang penting dan menarik.

Teras berita berfungsi membangkitkan perhatian dan minat pembaca terhadap permasalahan yang dilaporkan, serta mempermudah pembaca dalam menangkap makna dan isi berita. Lead berita merupakan bagian yang sangat penting. Karena lead memuat rangkuman atau inti dari keseluruhan isi berita.

Menulis kalimat secara pendek namun mengena, membutuhkan keahlian serta dilatih terus-menerus. Pun begitu dalam hal lead, yang tentu tidak panjang-panjang amat, namun tepat sasaran.

Keterbatasan waktu serta untuk memuat informasi secara lebih simpel, dikenallah PowerPoint Presentations (PPT), infografik, mind mapping. Ada bauran antara teks dan visual disitu. Untuk membuatnya dibutuhkan keahlian serta dilatih terus-menerus. Di antaranya mengenai bagaimana memenggal agar tidak terlalu banyak kata. Pun begitu dengan menyisipkan gambar yang pas serta mudah diingat.

Waktu yang terbatas juga dapat dimaknai sebagai kreativitas. Di antaranya pada stand up comedy, yang mengenal one liner yakni bit ringkas yang hanya terdiri dari satu sampai tiga kalimat.

Ataupun rule of three yang merupakan teknik penggunaan tiga kalimat, dua kalimat awal digunakan sebagai set up. Sementara satu kalimat terakhir, digunakan sebagai punchline.

Tentu masih banyak hal lainnya, dimana kreativitas dapat terlihat di waktu yang terbatas. Ketika dalam hitungan detik, buah kreativitas itu muncul.