Carian
Sudahkah Anda Mengonsumsi Sayur & Buah Hari Ini?
June 15, 2023 Arifin

Kampanye makan sehat dengan gizi seimbang “Isi Piringku” merupakan panduan untuk apa yang dikonsumsi. Satu piring selaiknya terdiri dari 50 persen sayur dan buah serta 50 persen sisanya terdiri dari karbohidrat dan protein.

Untuk “mengakrabkan” mengonsumsi sayur, protein, serat, dan vitamin lainnya dapat sebagai makanan pendamping. Contohnya, kala mengonsumsi bubur ayam, konsumsi juga telur serta ayam dalam porsi cukup, dan tambahan sayur juga buah untuk menyeimbangkannya.

Ingatlah jika terus-menerus mengonsumsi makanan yang tidak seimbang, tubuh akan kekurangan nutrisi serta dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan.

Lalu perhatikan pula pengolahan dan penyimpanan makanan agar tetap aman dan terjaga nutrisinya kala dikonsumsi. Seseorang baiknya menghindari makanan yang dipanaskan terus-menerus, karena nutrisi di dalamnya dapat rusak, terutama untuk makanan yang mengandung protein.

Tipnya, olah makanan secukupnya dan untuk sayur bisa dimakan secara mentah atau dimasak sebentar. Ingatlah jika terlalu lama memasak sayur dapat menghilangkan nutrisi di dalamnya.

Kiat lainnya yakni dengan memerhatikan cara menyimpan makanan dan bahan bakunya. Untuk sayuran, daging, dan buah sebaiknya disimpan dalam kulkas bersuhu cukup dingin agar lebih awet.

Sayur dan buah sebaiknya dikonsumsi di hari yang sama agar tidak layu dan nutrisi penting di dalamnya tidak berkurang.

Sumber: Antara

Komen