Carian
Untuk Ayah Tercinta 
June 19, 2023 Arifin

Hari Ayah Sedunia diperingati pada hari Minggu ketiga di Bulan Juni. Pada tahun ini peringatan Hari Ayah Sedunia jatuh pada hari Minggu, 18 Juni 2023.

Ragam apresiasi dihaturkan pada Hari Ayah tersebut. Di antaranya yang dilakukan oleh seniman Ugur Gallenkus melalui akun Instagram-nya @ugurgallen. Terdapat foto yang digabungkannya hingga menimbulkan efek dramatis. Terdapat lima foto berikut penjelasannya di takarir (caption).

Ada foto ayah & anak yang menjadi disabilitas karena ledakan bom di Suriah, ada imigran yang membopong anaknya melewati sungai, ada seorang ayah yang memegang tangan anaknya yang meninggal di Turki karena gempa bumi pada Februari 2023, ayah dan anak terdampak perang di Suriah, serta seorang ayah yang menggendong anaknya yang menjadi korban dari reruntuhan gedung di Turki.

Masih terkait ayah, pernah melihat Short Film Tenang karya sutradara Yandy Laurens dengan latar lagu Tenang yang dibawakan oleh Yura Yunita? Dikisahkan Gus (Ringgo Agus Rahman) bermimpi. Dalam mimpinya bapaknya tidak ada suaranya. Gus pun setelah bangun dari mimpi tersebut lalu menjadi gusar, nelangsa, ia lupa dengan suara almarhum bapaknya.

Setelah mencari, terdapat rekaman video lawas dimana ada bapaknya. Gus pun mencoba memperbaiki video tersebut. Setelah diperbaiki hanya 10 detik dari total rekaman yang dapat diselamatkan. Meski singkat, namun momen 10 detik itu memuat suara bapak Gus, “Bisa, Gus?”. Air mata dan haru pun menyeruak.

Lagu terkait ayah, maka ada lagu “Ayah” karya Rinto Harahap yang berdendang sejak 1990-an hingga sekarang. Lagu tersebut berkisah tentang kerinduan seorang anak kepada ayahnya.

Untuk ayah tercinta

Aku ingin bernyanyi

Walau air mata di pipiku

Ayah dengarkanlah

Aku ingin berjumpa

Walau hanya dalam mimpi

Masih terkait ayah, pendiri Narabahasa Ivan Lanin melalui tulisannya menceritakan pengalamannya bersama ayahnya berebut nasi Padang, menghitung jumlah mobil di jalan, dan bermain gulat; membaca nukilan tersebut ingatan saya pun terkenang dengan memori kebersamaan bersama bapak.

Bagaimana dengan Anda, momen kebersamaan bersama ayah semoga juga berkesan, terkenang di diri.

Komen