Carian
Cara Menjaga Kesehatan Mata Saat Liburan 
June 20, 2023 Arifin

Di Indonesia, libur anak sekolah telah tiba. Ayah-bunda tentu bersemangat untuk mengajak ananda bepergian menikmati liburan. Bepergian liburan check, jaga kesehatan mata check.

Selama melakukan perjalanan liburan, terdapat beberapa faktor yang berpengaruh terhadap kesehatan mata yakni udara kering, paparan sinar matahari, penerbangan jarak jauh.

Terdapat sejumlah tip untuk menjaga kesehatan mata selama melakukan perjalanan liburan. Di antaranya dengan menggunakan kacamata hitam. Kacamata hitam bisa menghalangi cahaya matahari yang mengenai langsung ke mata. Kacamata tersebut juga penting bagi penderita migrain dan sakit kepala akibat paparan sinar matahari.

Kacamata hitam dapat sebagai penghalang yang melindungi mata dari angin, debu, kotoran, serta mencegah iritasi mata dan goresan pada kornea. Bahkan kacamata hitam berkualitas tinggi dapat memberikan proteksi 100 persen dari sinar UV matahari yang berbahaya bagi mata.

Tip selanjutnya yakni dengan menyiapkan kacamata renang. Berencana berenang saat liburan? Siapkan pula kacamata renangmu. Dengan kacamata tersebut bisa melindungi mata dari klorin, air asin, kotoran selama berenang, yang dapat menyebabkan iritasi dan rasa tidak nyaman pada mata.

Kiat lainnya yaitu dengan membawa obat tetes mata. Paparan udara kering serta angin bisa membuat mata menjadi kering. Guna mengurangi rasa tidak nyaman dan gatal akibat mata kering, disarankan untuk membawa obat tetes mata.

Minum air yang cukup juga bisa membantu mencegah mata kering akibat dehidrasi. Untuk pengidap alergi pada mata, selalu sediakan obat mata khusus saat melakukan perjalanan liburan.

Kiat berikutnya yakni baiknya menghindari penggunaan lensa kontak dan beralih ke kacamata saat melakukan perjalanan jauh, karena lensa kontak bisa membuat mata menjadi lebih kering.

Jik masih ingin menggunakan lensa kontak, pastikan menjaga kebersihannya serta kenakan dengan baik dan rapi. Jangan lupa untuk melepas lensa kontak jika ingin berenang atau mandi.

Tip lainnya yakni dengan menghindari penggunaan riasan berlebihan pada area mata. Hal tersebut berisiko menyebabkan infeksi mata karena dapat menarik debu dan kotoran.

Saran berikutnya, jika mengalami gejala seperti iritasi mata, infeksi, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter daripada menundanya sampai kembali ke rumah. Penanganan medis dini dapat mencegah berbagai risiko penyakit mata yang dapat memburuk jika terlalu lama diabaikan.

Sumber: Medical Daily, Antara

Komen